Sukses

Jack Ma Habiskan 10 Tahun untuk Persiapkan Masa Pensiun

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Alibaba, Jack Ma, mengaku keputusan untuk pensiun bukan hal yang ringan dan mudah. Pria berusia 55 tahun ini mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua eksekutif pada September 2018.

Kabarnya pengumuman pengunduran diri itu telah ia pikirkan dan siapkan selama lebih dari satu dekade. Jack Ma berbicara kepada CEO Global Forbes bahwa gagasan untuk pensiun telah ada sejak 2004.

Hal tersebut bermula ketika salah seorang pemodal mengatakan kepada Jack Ma jika ia tidak memenuhi syarat sebagai CEO. Lantas perkataan tersebut membuatnya berpikir.

"Hari itu saya mulai berpikir saya harus mempersiapkan pensiun saya," kata Jack Ma seperti mengutip dari CNBC, Sabtu (19/10/2019).

Jack Ma bercerita jika pada hari itu, 10 September, akan menjadi hari terakhirnya bekerja.

Jack Ma sering mengatakan bahwa ia menginginkan perusahaannya dapat bertahan selama 102 tahun.

Maka dari itu ia mengaku selama ia bekerja di Alibaba, dia dan timnya terus mengembangkan sistem kepemimpinan yang kuat serta menghargai cara berpikir dan sistem kerja baru.

Kedudukan Jack Ma telah digantikan oleh CEO baru yaitu Daniel Zhang. Ia mengatakan dengan adanya CEO baru ia merasa percaya diri kalau perusahaan berada di jalan yang tepat dan akan bertahan selama beberapa dekade mendatang.

"Perusahaan tidak boleh bergantung pada Jack Ma, Jack Ma akan menjadi tua," kata Daniel Zhang.

Reporter: Chrismonica

 

2 dari 3 halaman

Jack Ma Resmi Pensiun dari Alibaba Hari Ini

Pendiri sekaligus Chairman Grup Alibaba Jack Ma resmi pensiun dari Alibaba pada Selasa, 10 September 2019.

Ia meninggalkan tugasnya memimpin bisnis E-ecommerce dengan valuasi USD 4.060 miliar itu kepada penggantinya, Daniel Zhang.

Mengutip Reuters, Selasa (10/9/2019), Jack Ma yang tahun ini berusia 55 tahun mengadakan sebuah pesta perpisahan di stadion Hangzhou Olympic Sport Center.

Di stadion berkapasitas 80.000 orang ini, Jack Ma menyelenggarakan pesta perpisahan meriah, penuh dengan performa pemusik dan selebritas.

Para tamu yang hadir pun bakal mendapatkan petunjuk bagaimana Alibaba akan berjalan di bawah sang pengganti Jack Ma, Daniel Zhang.

Zhang merupakan seorang akuntan yang bicaranya kalem, berbeda dengan Jack Ma yang gayanya flamboyan dan kharismatik dalam memimpin. Jack Ma bahkan dianggap seorang pebisnis Tiongkok yang paling terkenal.

Padahal sebelumnya Jack Ma merupakan guru Bahasa Inggris yang mendirikan Alibaba, 20 tahun lalu di sebuah apartemen kecil di kota Hangzhou.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Miliarder Jack Ma dan Elon Musk Satu Suara Soal Masalah Ini
Artikel Selanjutnya
Alibaba Siap Lepas 500 Juta Lembar Saham di Hong Kong