Sukses

Mobile Banking Sempat Tak Bisa Diakses, Ini Penjelasan BCA

Aplikasi mobile banking sempat sulit diakses karena terjadi masalah pada IP Adress BCA.

Liputan6.com, Jakarta - Para pengguna mobile banking BCA sempat mengeluhkan sulitnya akses ke aplikasi tersebut. Hal tersebut terjadi pada pagi hari ini.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengakui memang aplikasi mobile banking BCA sempat sulit diakses. Ini karena terjadi masalah pada IP Adress BCA.

"Problemnya IP Address BCA tidak bisa diakses dari dunia internet," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Namun demikian, lanjut Jahja, mobile banking BCA sudah diakses sejak pukul 07.50 WIB. "Sejak jam 07.50 sudah pulih," kata dia.

Jahja menyatakan, saat ini BCA masih terus berkoordinasi dengan pihak penyedia layanan internet untuk mengetahui lebih lanjut sumber dari masalah ini.

"Kami sedang koordinasi dgn internet provider untuk mencari tau sumber masalahnya. Kami tidak menemukan adanya kerusakan hardware atau system di BCA," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengguna Keluhkan Layanan Aplikasi BCA dan Mandiri Eror

Sejumlah pengguna aplikasi mobile banking BCA dan Mandiri mengeluhkan tidak dapat mengakses layanan dua bank tersebut sejak pagi ini. Mereka mengaku aplikasi BCA dan Mandiri eror, seperti tidak tersambung dengan jaringan internet sama sekali.

Salah satu pengguna menuturkan, dia menemukan masalah ini pertama kali saat mencoba mengakses aplikasi BCA. Setelah gagal, dia lantas mencoba memakai aplikasi Mandiri Mobile dan ternyata menemui masalah serupa.

"Sekitar jam 7.20-an pagi coba akses BCA webb untuk transfer tidak bisa. Coba di apps juga tidak bisa. Karena di BCA tidak bisa, coba pakai Mandiri di apps ternyata juga tidak bisa juga diakses," tutur Remy, salah satu pengguna pada Tekno Liputan6.com, Senin (14/10/2019).

Keluhan juga dilayangkan sejumlah pengguna di Twitter. Banyak dari warganet mengatakan tidak bisa menggunakan layanan internet yang ditawarkan oleh BCA dan Mandiri, baik lewat situs web maupun aplikasi. 

Namun berdasarkan pantauan di media sosial, tidak hanya layanan dari dua bank tersebut, beberapa pengguna BNI juga tidak dapat mengakses layanan bank melalui internet.

Hingga sekarang, belum ada pernyataan resmi dari bank mengenai masalah ini. Akan tetapi, untuk mengetahui seperti apa keluhan para pengguna, berikut ini ada beberapa yang sudah dihimpun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank Central Asia Asia atau BCA merupakan salah satu bank di Indonesia yang dimiliki perusahaan produsen rokok terbesar keempat, Djarum.

    BCA

  • Mobile Banking