Sukses

Mengulik 5 Tips Menuju Kesuksesan Ala Jeff Bezos

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tokoh dunia yang bisa Anda jadikan role model dalam mencapai kesuksesan adalah Jeff Bezos. Bagi Anda yang belum tahu, Jeff Bezos merupakan pendiri Amazon, situs jual beli online ternama di dunia.

Untuk menjadi dirinya yang sekarang, tentu sudah banyak lika-liku kehidupan yang dilewatinya. Anda bisa mengikuti 5 tips darinya ini, untuk mencapai kesuksesan yang sama. Ini dia ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Siap Menghadapi Perubahan

Menurut Bezos, hanya orang yang siap menghadapi perubahan, serta siap mengubah dirinya jadi lebih baik lagilah yang akan sukses. Jadikan ini sebagai pegangan bagi Anda, untuk terus memperbarui diri.

Jangan hanya terkungkung di zona nyaman, sehingga Anda urung menambah ilmu dan juga pengalaman baru.

Kalau bukan Anda yang mengubah diri sendiri, lalu siapa lagi?  

2 dari 3 halaman

2. Pertahankan Mindset di Hari Pertama Anda Memulai Suatu Hal

Anda tentu mengingat dengan jelas, bagaimana semangatnya Anda saat memulai suatu usaha atau pekerjaan yang telah lama Anda idamkan. Pertahankan terus semangat ini, hingga kapan pun Anda menjalani usaha atau melakukan pekerjaan tersebut.

Jangan karena terlena dengan keuntungan atau gaji yang telah Anda dapatkan, semangat awal yang tadinya menggebu malah jadi hilang. 

Orang yang sukses akan selalu memiliki semangat yang menggebu, yang dimilikinya di hari pertama ia memulai sesuatu.

Ia memastikan bahwa hari ini, ia harus jadi lebih baik lagi, dibandingkan dengan hari kemarin. Inilah mindset yang dimiliki Bezos, saat mengelola Amazon.

Selalu saja ada inovasi baru yang diluncurkan, untuk membuat situsnya ini makin terlihat menarik. 

3. Hargai Pekerjaan Para Karyawan 

Bezos dikenal sebagai sosok yang sangat menghargai para karyawannya. Makanya, sama sekali tak mengherankan jika karyawan Amazon pun memiliki sahamnya sendiri.

Saat harga saham naik, maka para karyawan pun akan langsung merasakan keuntungannya. Selain itu, cara ini dilakukan Bezos agar para karyawannya merasakan bahwa mereka pun ikut serta memiliki Amazon ini. 

Saat seseorang memiliki sesuatu, tentu ia akan mengupayakan berbagai cara, untuk melindungi miliknya tersebut. Inilah hal yang ingin Bezos capai, agar karyawannya pun ikut serta untuk melindungi dan memajukan Amazon.

Hal ini membuktikan bahwa untuk Anda tak bisa sukses seorang diri. Anda butuh orang lain, agar bisa bersama-sama Anda menaiki tangga kesuksesan.    

3 dari 3 halaman

4. Jangan Abaikan Pendapat Pelanggan

Sebuah usaha tak akan bisa sukses, jika sekiranya tak ada pelanggannya. Bezos tahu benar betapa berharganya keberadaan pelanggan untuk Amazon yang ia dirikan.

Oleh karena itu, Bezos pun mempelajari betul saran, kritikan, dan pendapat yang diberikan oleh pelanggan, terkait dengan layanan Amazon. Semuanya dijadikan sebagai acuan perbaikan, agar Amazon bisa lebih baik lagi. 

5. Terus Mencoba dan Jangan Takut Akan Kegagalan 

Jika Bezos takut gagal, Anda tak akan pernah kenal dengan yang namanya Amazon. Untuk bisa membesarkan Amazon hingga seperti sekarang, tentu saja sudah banyak jatuh bangun yang ia rasakan.

Terjadinya kerugian tak membuatnya berhenti, untuk terus mengembangkan usahanya ini. Hasilnya bisa dilihat, kekayaannya melimpah hingga diklaim sebagai orang terkaya di dunia.

Orang sukses seperti Jeff Bezos bukan lahir begitu saja. Untuk bisa jadi sukses seperti sekarang, tentu sudah banyak kegagalan yang ia alami. Namun, kegagalan bukanlah alasan baginya untuk terus mencoba lebih baik lagi.

Jika Anda ingin jadi seperti Jeff Bezos, tanamkanlah mindset yang dimilikinya ini di pikiran Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa mencicipi nikmatnya kesuksesan. 

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Hal yang Mungkin Melanda Bumi Jika Seluruh Hutan Amazon Terbakar Habis
Artikel Selanjutnya
Surat Kabar Milik Bos Amazon Gulung Tikar