Sukses

Situasional, Jasa Marga Hanya Berlakukan Sistem Buka Tutup Rest Area di Tol Cikampek

Jasa Marga sebelumnya mengumumkan akan memberlakukan penutupan rest area sementara Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang diberlakukan hari ini selama dua belas jam.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk tidak akan menutup rest area secara penuh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Langkah yang akan dilakukan dengan melakukan rekayasa buka tutup rest area secara situasional jika terjadi kepadatan di rest area. Kebijakan ini dengan mempertimbangkan masukan dari para stakeholder terkait dan sesuai dengan diskresi Kepolisian.

Sebagai informasi, Perseroan sebelumnya mengumumkan akan memberlakukan penutupan rest area sementara Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang diberlakukan hari ini selama dua belas jam.

Kakorlantas Polri Refdi Andri selaku pimpinan rapat mengungkapkan bahwa Kepolisian akan mendukung penuh pelaksanaan buka tutup rest area arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Tidak hanya itu, Kepolisian pun akan menindak tegas pengguna jalan yang berhenti sembarangan di bahu jalan untuk mengakses rest area sehingga mengakibatkan kepadatan panjang di lajur.

“Kami akan menambah petugas Kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi oleh petugas lebih dini. Selain itu, petugas Kepolisian juga akan membantu proses buka tutup rest area secara situasional,” jelas Refdi Sabtu (8/6/2019).

Rekayasa buka tutup rest area ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi dan Evaluasi Arus Balik hari pertama, antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Korlantas RI, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dan Kepala Biro Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, yang berlangsung pagi ini di Posko Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan

Walaupun rekayasa buka tutup rest area dilakukan secara situasional, Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur tetap mengimbau pengguna jalan untuk sedapat mungkin menghindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada saat rekayasa one way berlangsung.

“Kami tetap mengimbau pengguna jalan dapat mampir ke rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama rest area arah Jakarta. Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” ujarnya.

Selain itu, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan rest area sesuai dengan kebutuhan dan bersikap bijak dalam menghabiskan waktu di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya.

"Tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman," jelas Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti.

3 dari 3 halaman

Hari Ini, Jasa Marga Tutup Rest Area Tol Cikampek Arah Jakarta

Upaya mendukung kelancaran arus lalu lintas pada saat pemberlakuan sistem satu arah (one way) arus balik Lebaran 2019, PT Jasa Marga (Persero) Tbk sesuai dengan diskresi Kepolisian akan menutup 4 rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada hari ini mulai pukul 12.00-24.00 WIB.

Adapun rest area yang akan ditutup adalah rest area arah Jakarta seperti rest area Km 62B, Km 52B, Km 42B, dan Km 32B.

“Untuk itu kami mengimbau pengguna jalan untuk dapat beristirahat, mengisi penuh bahan bakar kendaraan serta melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik di rest area maupun di jalan nasional/non tol,” terang Corporate Secretary Jasa Marga Agus Setiawan, Sabtu (8/6/2019).

Untuk pengguna jalan dari arah Timur (Semarang/Cirebon) yang menuju Jakarta dapat beristirahat serta mengisi penuh BBM di sepanjang GT Kalikangkung hingga GT Cikampek Utama.

Itu seperti di rest area Km 389B, Km 360B, Km 282B, Km 260B, Km 229B, Km 208B, Km 166B dan Km 102B.

Sementara itu, untuk pengguna jalan dari arah Cileunyi/Bandung yang menggunakan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dapat menggunakan rest area Km 149B, Km 125B, Km 97B, Km 88B dan Km 72B sebelum memasuki ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Agus pun menghimbau agar para pemudik tetap berhati-hati saat berkendara, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas yang ada di lapangan.

"Selain itu, pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman," paparnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.