Sukses

Lagi Liburan tapi Pekerjaan Numpuk? Atasi dengan 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang kantoran biasanya punya waktu sendiri saat bekerja dan berlibur. Terkadang, ada beberapa saat dimana pekerjaan harus selesai setelah berlibur. Mau tidak mau, Anda harus menyelesaikannya saat liburan.

Jika Anda terjebak dalam situasi seperti ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya bisa tetap berlibur dengan asyik tapi pekerjaan bisa selesai, dilansir dari CNN:

1. Buat perencanaan

Buat perencanaan kapan Anda akan menyelesaikan pekerjaan dan kapan akan berlibur. Tulis saja dengan catatan kecil. Misalnya, pagi hari sebelum pergi jalan-jalan Anda mengerjakan sepertiga bagian tugas. Setelah jalan-jalan dan istirahat, lanjutkan sisanya.

Kalau Anda harus bertemu dan rapat dengan klien, atur akomodasi agar tetap bisa istirahat dengan nyaman. Jangan lupa dengan fasilitas akomodasinya.

2. Jaga rutinitas harian

Jangan karena berlibur, Anda bisa bermalas-malasan. Tetap jaga rutinitas harian. Kalau Anda sering berolahraga dan meditasi di pagi hari, lakukan itu sebelum menyelesaikan pekerjaan. Jangan pernah tinggalkan rutinitas harian.

Bila perlu, tambahkan gaya hidup sehat agar saat bekerja Anda bisa fokus. Konsumsi camilan sehat, minum banyak air putih dan hindari kafein untuk begadang.

 

2 dari 2 halaman

3. Tidur cukup

Rutinitas tidur yang baik akan membuat Anda bugar ketika bangun. Pastikan Anda tidur dengan cukup agar saat bekerja bisa produktif. Bila perlu, pasang alarm supaya Anda tidak tidur berlebihan.

4. Tetap biarkan diri Anda menikmati liburan

Ingat, Anda sedang liburan. Jangan khawatir pekerjaan tidak selesai, tetap nikmati liburan Anda dan lakukan eksplorasi budaya di destinasi tujuan. Dengan menambah pengalaman baru saat berwisata, pikiran Anda bisa menjadi lebih segar dan siap untuk melanjutkan pekerjaan yang harus diselesaikan.

5. Buat jaringan

Di sela-sela liburan dan bekerja, Anda bisa menambah teman dan jaringan profesional Anda. Setiap bertemu dengan orang, berbicaralah dengannya dan minta kontaknya untuk berjaga-jaga. Siapa tahu, ketika Anda butuh seseorang untuk membantu pekerjaan, Anda bisa mengandalkan orang itu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Berapa Lama Anda Harus Bekerja Dalam Sepekan? Cek di Sini
Artikel Selanjutnya
Aplikasi Ini Bantu Pemerintah Tekan Angka Pengangguran