Sukses

Harga Daging Ayam Stabil di Pasar Rawa Badak

Harga daging ayam terpantau stabil beberapa pekan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bahan pokok terpantau stabil pada pekan terakhir Maret 2019. Seperti daging ayam yang tidak mengalami perubahan harga, berada di angka Rp 35 ribu per kilogram (kg).

Terhitung sudah beberapa pekan sejak harga daging ayam di Pasar Rawa Badak turun dan menjadi stabil.

Salah satu pedagang daging ayam di pasar Rawa Badak, Rusli (55) menyatakan harga daging ayam turun sejak dua minggu lalu dan tidak berubah hingga saat ini. Semula, harga daging ayam di pasar Rawa Badak adalah Rp 37 ribu per kilogram.

"Sampai sekarang tidak ada perubahan harga, stabil saja Rp 35 ribu per kilogram. Kita jual ayam, tetap ada pembelinya. Minggu kemarin sempat sepi," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (25/3/2019).

Tidak hanya Rusli, Laksmi (30) yang menjual daging ayam mentah lengkap dengan jeroan-jeroannya masih menjual dagangannya seharga Rp 37 ribu per kilogram.

Laksmi yang sudah berjualan kurang lebih 2 tahun di Pasar Rawa Badak mengakui harga daging ayam kini tidak bisa ditebak.

"Kemarin kaget karena turunnya drastis banget, tapi sekarang sudah biasa (stabil) lagi. Rasanya jadi seperti jualan sayur, tidak bisa ditebak," ujar dia.

Laksmi menambahkan ada kemungkinan harga daging ayam naik karena waktu semakin dekat dengan bulan Ramadan. Sementara untuk harga telur, Laksmi mengatakan tidak ada penaikan atau penurunan harga, tetap di angka Rp 26 ribu per kilogramnya.

"Telur ayam ras hampir enggak berubah sebulan ini. Kalau nanti bulan puasa enggak tahu," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Telur Ayam Stabil Rp 23 Ribu per Kg di Pasar Tradisional

Sebelumnya, harga telur di pasar tradisional Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan masih tercatat normal sampai dengan hari ini.

Rerata harga telur ayam dijual dari harga Rp 23-24 ribu per kilogram (kg). Salah satu pedagang telur, Nia (19) mematok harga telur ayam Rp 23 ribu per kg.

 "Untuk telur ayam negeri harganya Rp 23 ribu per kg. Sudah sebulan ini. Tadinya harga telur ayam negeri sekitar Rp 26.000 per kg," ucapnya kepada Liputan6.com, Jumat 22 Maret 2019.

Dia menambahkan, jumlah pembeli atau konsumen pun terbilang stabil untuk membeli komoditas telur.

"Jumlah pasokan telur ayam negeri banyak. Kalau jumlah yang beli tetap," ujarnya.

Sedangkan telur ayam kampung hari ini terpantau naik sebesar Rp 500 per butir.

"Kalau telur ayam kampung naik dari Rp 2.000 per butir menjadi Rp 2.500 per butir. Naiknya sejak bulan Januari 2019 sampai sekarang. Telur puyuh standar harganya Rp 29.000 per kg," ungkap dia.

Tak berbeda jauh, pedagang sembako Ibu Meni (55) kini mematok harga telur di ayam di harga Rp 24 ribu per kg.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.