Sukses

Anggaran Revitalisasi Citarum Cair 15 Maret 2019

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa anggaran untuk sungai Citarum tidak ada yang terlambat.

Seperti diketahui, pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 640 miliar untuk program revitalisasi Sungai Citarum.

"Dana sungai Citarum tidak ada anggaran yang terhambat," kata dia, saat ditemui di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Menurut dia pencairan tahap pertama anggaran tersebut akan terjadi sesuai tepat waktu atau on schedule, yakni pada tanggal 15 Maret 2019.

"Sesuai schedule. Untuk sungai Citarum insya Allah 15 Maret 2019, sudah turun anggaran tahap pertama," jelas dia.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Revitalisasi Sungai Citarum, Industri Komitmen Bangun Pengelolaan Limbah

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, sejauh ini proses rehabilitasi dan revitalisasi Sungai Citarum berjalan lancar.

"Sudah kalau mas ke sana, mereka sudah banyak komitmen membangun pengelolaan limbah, dari tidak ada dipaksa menjadi ada," kata dia, saat ditemui, di Kemenko Maritim, Jakarta, seperti ditulis Rabu (9/1/2019).

Dia menuturkan, pelaku  industri yang ada di sekitar bantaran Sungai Citarum pun sudah berkomitmen untuk memperhatikan pengolahan limbah. 

"Kalau enggak mau kita pidanakan. Jadi sudah ada pergerakan. Jadi sudah lebih baik. Sehingga buangan ke sungai jadi lebih jernih, lebih bagus," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menegaskan, revitalisasi Sungai Citarum merupakan kebutuhan mendesak. Ini tidak lepas dari panjang sungai tersebut yang melintasi beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat.

"Ujungnya sampai Waduk Jatiluhur. Dari Waduk Jatiluhur jadi minumnya orang Jakarta. Kalau enggak bersih yang Anda minum ya punya potensi negatif juga. Saat ini banyak peningkatan sehingga sungai jauh lebih jernih, jauh lebih bagus," tegas dia.

Sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Citarum, Ridwan Kamil mengaku sedang menyiapkan desain penataan Citarum ke depan sehingga wajah Citarum dapat berubah.

"Desain dari tim saya. Ini akan jadi viral nanti. Kalau desain nya beres, saya posting di Instagram," tutur dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sinyal Gerindra Gabung Koalisi Pendukung Jokowi, Luhut: Apa Saja Bisa Terjadi
Artikel Selanjutnya
Luhut Sebut Tak Takut Bertemu Masyarakat Usai Insiden Penusukan Wiranto