Sukses

Ridwan Kamil Sambangi Lokasi Longsor Sukabumi

Ridwan Kamil sempat kesulitan dan dibantu oleh personel untuk menyusuri lokasi longsor di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Liputan6.com, Sukabumi - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, yang dilanda bencana longsor pada Rabu (1/1/2019). Emil, sapaan akrabnya, tiba sekitar pukul 08.45 WIB pagi.

Pantauan Merdeka.com di lokasi Ridwan Kamil tiba mengenakan kemeja hitam, celana cokelat, dan topi koboi. Dia datang didampingi Danrem 061 Surya Kencana Sukabumi Kolonel M. Hasan.

Mantan Wali Kota Bandung tersebut sesekali melihat proses pengerukan. Ridwan Kamil sempat kesulitan dan dibantu oleh personel untuk menyusuri lokasi longsor.

Sampai saat ini, proses pencarian korban terus dilakukan seluruh personel bersama warga. Lama pencarian tergantung dari kondisi cuaca.

Diketahui, bencana longsor menimbun 30 rumah di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, pada hari Selasa (1/1/2019). Dari 30 unit rumah yang tertimbun terdapat 32 KK atau 101 jiwa.

Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melaporkan, dari 101 jiwa itu tercatat 63 orang selamat, 3 orang luka-luka dan dirujuk ke RS Pelabuhan Ratu. Kemudian 15 orang meninggal dunia dan 20 orang masih dalam pencarian.

"Kebutuhan mendesak saat ini adalah cangkul, sekop, sarung tangan lateks, alat komunikasi, personel, dan relawan untuk menangani dapur umum dan evakuasi, dan perbaikan jaringan listrik agar segera menyala kembali," kata dia, Senin (1/1).

 

Laporan Muhammad Genantan Saputra

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Sukabumi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.
    Sukabumi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

    Sukabumi

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor