Sukses

Tiket Kereta Api Buat Libur Natal dan Tahun Baru Tinggal 45 Persen

secara total Daop 8 Surabaya menyiapkan tiket di 89 perjalanan kereta api, terdiri dari 83 perjalanan kereta api reguler dan 6 perjalanan KA tambahan.

Liputan6.com, Jakarta - Tiket kereta api (KA) pada periode Natal dan Tahun Baru 2019 di wilayah PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya sudah habis terjual lebih dari setengahnya. Tiket yang banyak dipesan adalah perjalanan dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta dan Bandung.

Kepala PT KAI Daop 8 Surabaya, Suryawan Putra mengatakan tiket perjalanan KA sudah terjual sebanyak 55 persen, artinya masih ada sekitar 45 persen tiket yang dapat dipesan.

Dia mengungkapkan, secara total Daop 8 Surabaya menyiapkan tiket di 89 perjalanan kereta api, terdiri dari 83 perjalanan KA reguler dan 6 perjalanan KA tambahan.

"Khusus untuk H-3 Natal okupansi atau tingkat keterisian kursi sudah mencapai 99 persen, kata Suryawan seperti dikutip dari Antara, Sabtu (8/12/2018).

Dia menyebutkan total kapasitas tempat duduk selama musim angkutan Natal Tahun Baru mencapai 45.744 kursi per hari, yang terdiri dari KA reguler sebanyak 41.900 seat dan 3.844 kursi untuk kereta apitambahan.

Terkait persiapan, Daop 8 Surabaya menyiapkan enam KA tambahan yaitu KA Gajayana, KA Sembrani, KA Sancaka, KKA Kertajaya, KA Pasundan, dan KA Matarmaja, dengan masa angkutan Natal dan Tahun Baru diprediksi mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Sementara itu terkait harga tiket, kata dia, sudah ditentukan oleh PT KAI. Dia mencontohkan untuk KA Argo Anggrek non-sleeper, saat ini masih dijual dengan harga Rp450 ribuan, dan untuk tarif batas atas adalah Rp750 ribu.

"Jadi harga tiket yang dibeli hari ini belum tentu sama dengan yang dibeli esok hari, meski untuk keberangkatan yang sama," dia menambahkan.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beli Online

Dari sisi pembelian tiket, saat ini terjadi perubahan kebiasaan pelanggan kereta api terutama saat membeli tiket, sebab biasanya masyarakat antre di loket, maka saat ini hampir 60 persen konsumen KA langsung membeli tiket secara daring/online, 30 persen melalui toko ritel dan sekitar 10 persen masih antre di stasiun.

"Kami prediksi ada kenaikan penumpang 4 persen dari 692.327 penumpang menjadi 718.701 penumpang pada Natal Tahun Baru kali ini," katanya.

Selain itu, Daop 8 Surabaya juga telah menyediakan Posko Natal di tiap stasiun besar, dan ada layanan informasi serta tenaga medis dan petugas keamanan dari pihak kepolisian.

"Nanti juga akan ada customer service yang mobile di stasiun besar seperti Gubeng dan Pasar Turi. Tiap stasiun ada dua customer service mobile, fungsinya membantu penumpang," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.