Sukses

Ini Bedanya Kartu Kredit Virtual dan Kartu Kredit Biasa

Liputan6.com, Jakarta Enggan punya kartu kredit tapi ingin menikmati belanja online yang lebih asyik? Anda bisa menimbang keberadaan kartu kredit virtual.

Era kejayaan e-commerce seperti saat ini memungkinkan seseorang berbelanja di manapun di seluruh penjuru dunia hanya dengan bantuan sebuah gadget. Situs belanja online internasional juga memungkinkan hal itu terjadi. Kebanyakan situs e-commerce internasional itu menyediakan beberapa pilihan cara pembayaran.

Pembayaran via transfer bank bisa dijangkau oleh mereka yang memiliki rekening tersedia di website tersebut. Namun, bagi pembeli dari belahan dunia lain, hal ini acapkali tidak bisa ditembus karena ketiadaan rekening yang disarankan.

Situs belanja internasional umumnya, sih, menerima pembayaran via kartu kredit. Hal ini tentu agak sulit bagi Anda yang saat ini belum memiliki kartu kredit.

Alternatif lain yang bisa Anda gunakan adalah PayPal untuk membuat saldo online. Namun, PayPal juga harus membutuhkan verifikasi data dari kartu kredit. Namun, bagaimana caranya jika tidak memiliki kartu kredit? Kartu kredit virtual, jawabannya.

Anda bisa memanfaatkan kartu kredit virtual untuk melakukan verifikasi data saat menggunakan PayPal. Prinsipnya, kartu kredit virtual sama dengan kartu kredit biasa. Sebab, terdapat identitas berupa 16 nomor digit dengan 3 digit terakhir merupakan CVV atau Card Verification Value serta terdapat expired date card.

 

2 dari 5 halaman

Perbedaan kartu kredit biasa dan kartu kredit virtual

Sebelum memutuskan untuk memiliki kartu kredit atau vitual credit card, ada baiknya untuk mengenali perbedaannya terlebih dulu.

1. Berdasarkan tujuan

Ditinjau dari segi tujuan, kartu kredit virtual berfungsi sebagai alat bantu verifikasi ketika menggunakan jasa pihak ketiga. Contohnya seperti PayPal yang digunakan sebagai alat pembayaran pada transaksi online di situs belanja internasional. Dalam hal ini, kartu kredit virtual sangat berperan penting.

2. Berdasarkan bentuk

Berdasarkan bentuknya, kartu kredit virtual berbeda dengan kartu kredit biasa yang tidak bisa dipegang secara fisik. Sebab, sifat dari CCV ini tidak ada wujudnya. Sama halnya dengan kartu kredit biasa, CCV juga memiliki nomor identitas yang bisa digunakan sebagai transaksi online.

3. Berdasarkan saldo

Jika pada kartu kredit biasa, Anda bisa melakukan pinjaman pada bank penyedia kartu kredit untuk melakukan transaksi. Berbeda dengan kartu kredit virtual, Anda perlu mengisi saldo terlebih dulu sebelum menggunakan. Sebetulnya hampir mirip dengan kartu debit.

Jika ingin memperpanjang, Anda perlu menghubungi tempat yang menyediakan CCV. Salah satu penyedia kartu kredit virtual di Indonesia adalah Kredivo.

3 dari 5 halaman

Menimbang memiliki kartu kredit agar transaksi Anda lebih leluasa

Kartu kredit virtual memang sangat membantu jika Anda belum memiliki kartu kredit. Tak hanya sederhana, kartu kredit virtual sangat mudah dan cepat digunakan dalam bertransaksi. Meskipun begitu, ada saja fitur kartu kredit yang tidak bisa tergantikan. Di antaranya cicilan 0 persen dan promo ekslusif yang kadang disediakan kepada pemilik kartu kredit.

Berikut beberapa jenis kartu kredit yang bisa Anda pilih. Kartu kredit ini menawarkan cicilan 0 persen sehingga membuat aktivitas belanja online-mu jadi lebih menyenangkan.

1. Kartu Kredit BCA

BCA menawarkan program cicilan tetap dengan bunga rendah setiap bulannya. Kartu kredit BCA memungkinkan Anda untuk mendapatkan cicilan secara ringan dengan bunga yang kompetitif dan jangka waktu cicilan sesuai kebutuhan mulai dari 3 bulan hingga 36 bulan.

Selain itu, kartu kredit BCA juga menawarkan cicilan 0 persen di beberapa merchant pilihan. 

4 dari 5 halaman

2. Kartu Kredit BNI

Kartu kredit BNI menawarkan program cicilan 0 persen di beberapa merchant pilihan seperti situs belanja online dan berbagai partner lainnya. Anda bisa memilih beragam jenis kartu kredit BNI yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansialmu. Salah satunya seperti BNI Style Titanium yang cocok untuk para milenials untuk memanfaatkan promonya.

Syarat untuk memiliki kartu kredit jenis ini adalah dengan minimum penghasilan Rp 60 juta per tahun atau Rp 5 juta per bulan. Ajukan di HaloMoney dan dapatkan asuransi kecelakaan gratis.

3. Kartu Kredit Citibank

Program cicilan 0 persen juga ditawarkan oleh Kartu Kredit Citibank melalui layanan EazyPay Citibank. Kartu kredit ini bisa digunakan untuk program cicilan ringan, seperti Citi Rewards Card, Citi PremierMiles Card, Citi Cash Back Platinum Card, Citi Garuda Indonesia Card, Citi Telkomsel Card, dan Citi Simplicity Card.

Ada 150 merchant yang bekerja sama dengan Citibank untuk beragam kebutuhan. Ajukan kartu kredit Citibank di HaloMoney.co.id dan dapatkan asuransi kecelakaan gratis selama tiga bulan.

5 dari 5 halaman

Syarat umum sebelum mengajukan kartu kredit

Berikut adalah beberapa syarat umum yang biasa diminta oleh bank sebelum mengajukan kartu kredit. Simak yuk!

- Melampirkan fotocopy KTP

- Minimal usia 21 tahun dengan minimum penghasilan Rp 3 juta per bulan

- Melampirkan fotocopy slip gaji

- Melampirkan fotocopy NPWP

- Melampirkan fotocopy buku tabungan 3 bulan terakhir

- Apabila sudah memiliki kartu kredit, lampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir

Sekarang Anda sudah tahu apa saja perbedaan kartu kredit virtual dengan kartu kredit biasa. Tentunya dengan benefit masing-masing. Jika ingin digunakan dalam jangka waktu panjang kartu kredit biasa lebih tepat untuk Anda miliki. Namun, apabila hanya dalam jangka waktu pendek kartu kredit virtual bisa menjadi pilihan.

Artikel Selanjutnya
Daripada Terjerat Rentenir Online, Coba Pinjaman Murah Ini
Artikel Selanjutnya
Butuh Duit? 7 Sumber Pinjaman Ini Bisa Anda Manfaatkan