Sukses

5 Trik Pintar agar Tak Terjebak Utang Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Pemakaian kartu kredit juga memiliki triknya sendiri. Jangan sampai pengguna tidak perlu melakukan kesalahan yang tidak perlu dalam memakai kartu kredit.

Sudah banyak kasus orang-orang yang abai dalam pemakaian kartu kreditnya. Alhasil, tanpa disangka tagihan yang harus dibayar malah membengkak, dan bila telat bayar, maka akan ada denda keterlambatan.

Namun, bukan berarti kamu harus takut memakai kartu kredit. Hanya saja perlu diingat bahwa diperlukan kedisiplinan dan komitmen yang dibutuhkan.

Butuh keterampilan untuk mengatur pemakaian dan tagihan kartu kredit agar kamu tidak rugi. Berikut lima siasat dari TunaiKita agar penggunaan kartu kredit kamu bisa optimal.

2 dari 6 halaman

1. Buat Perencanaan Keuangan

Jika tidak memiliki tidak perencanaan keuangan maka secara otomatis pengunaan kartu kredit tidak bisa dibatasi. Kebanyakan pengguna kartu kredit seperti ini akan menggunakan kartu kredit untuk keperluan yang tidak terlalu diperlukan.

Salah satu penyebab pemakaian kartu kredit yang berlebihan adalah tak adanya perencanaan keuangan yang matang. Dengan memiliki perencanaan keuangan, maka jumlah nominal yang harus dibayar setiap bulannya bisa ditentukan agar tidak melewati kemampuan bayar.

Untuk pengguna kartu kredit, ada baiknya sebelum memakai kartu kredit tentukan lebih dahulu besar taghan setiap bulan. Misal, tagihan perbulannya adalah Rp 250 ribu, begitu juga untuk bulan selanjutnya. Secara otomatis, pengguna tidak bisa menggunakan kartu kredit per bulannya dengan melebihi batas kemampuan bayarnya.

3 dari 6 halaman

2. Langsung Lakukan Pembayaran

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pengguna kartu kredit saat melakukan pembayaran adalah menunda pembayaran tagihan. Seharusnya,pembayaran kartu kredit harusnya menjadi prioritas teratas dalam catatan pengeluaran.

Hindari menunda pembayaran agar terhindar dari bunga keterlambatan dan denda lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Gunakan Sistem Autodebet

Autodebet adalah fasilitas dari bank untu pembayaran otomatis yang bisa dimanfaatkan untuk mengontrol tagihan kartu kredit. Dengan fasilitasi ini, tagihan akan langsung terpotong secara otomatis sehingga pengguna tidak akan lupa membayar tagihan.

5 dari 6 halaman

4. Hindari Membayar Cicilan dengan Nominal Minimum

Ketika membayar tagihan, sebagian pembayaran akan dialokasikan untuk membayar bunga. Biasanya kartu kredit memberikan syarat pembayaran dengan nilai tagihan minimum 10 persen dari total tagihan.

Sebaiknya, pengguna membayar tagihan di atas biaya minimum yang sudah ditetapkan. Ini untuk menghindari tagihan yang semakin tinggi. Jangan lupa untuk perhatikan tanggal jatuh tempo tagihan.

6 dari 6 halaman

5. Tetapkan Limit Sesuai Kemampuan

Ketika mengajukan aplikasi kartu kredit, pilih jenis kartu kredit dengan limit yang sesuai dengan kemampuan. Biasanya bank juga akan memberi limit kartu kredit sesuai dengan kemampuan finansial nasabahnya.

Jangan mengambil kartu kredit dengan limit yang terlalu tinggi dari pendapatan bulanan. Itu bisa menjadi masalah ketika gaji yang didapatkan tidak cukup untuk menutupi tagihan.

 

Live Streaming Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Wajib Menulis Rencana Bisnis Bagi Wirausahawan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Agar Hobi dalam Berbisnis Berubah Menjadi Karier