Sukses

Intip Kerennya Penampakan Bandara Kertajati

Liputan6.com, Kertajati - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau dikenal dengan Bandara Kertajati pada Kamis (24/3/2018). Bandara ini berlokasi di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Bandara Kertajati menjadi bandara terluas ke-2 di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, Banten.

Luas lahan BIJB mencapai 1.800 hektare (ha) dan memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500x60 meter. Runway tersebut akan diperpanjang menjadi 3.000x60 meter. Dengan kapasitas bandara melayani 5,6 juta penumpang pada tahap pertama.

Sejumlah fasilitas  pun selesai dibangun antara lain pembangunan tower ATC, runway, taxiway (jalan penghubung landasan), apron jalan GSE dan semua sarana di sisi udara.

Fasilitas bandara terdiri dari runway 2.500 mx60 m, paralel taxiway 2.750 mx25 m, cross taxiway 1.180 mx25 m, serta apron 576 mx151 m yang mampu menampung empat jet wide boy sekelas Boeing B777 atau Airbus A330 dan enam jet narrow body sekelas B737 NG atau A320.

Bandara Kertajati akan dilengkapi dengan jalur kereta bandara untuk menarik minat dan mempersingkat waktu penumpang dari Jakarta maupun Bandung.

"Nantinya kereta ini akan membawa penumpang dari Stasiun Gambir menuju Bandara Kertajati dalam waktu kurang dari dua jam. Kereta akan melalui Bekasi Timur, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, seperti ditulis Kamis pekan ini.

Mengutip laman PT BIJB, bandara internasional yang terletak di Kertajati, sekitar 68 km dari Bandung, ibu kota Jawa Barat ini terjamin aksebilitasnya dengan ada jalan raya dan kereta api yang menghubungkan Bandung, Kertajati dan Cirebon.

Selain itu, jalan tol Cisumdawu untuk hubungkan Bandung dan Kertajati. Jalan tol Cipali yang menghubungkan Kertajati dan kawasan industri Karawang, dan juga jalur jalur menuju pelabuhan Cirebon.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan memberangkatkan calon jemaah haji melalui Bandara Kertajati. Bandara itu dilengkapi ruang tunggu haji dan umrah eksklusif seluas 1.300 meter persegi serta 12 ruang salat.

Tak hanya itu, di dalam Bandara Kertajati juga memiliki fasilitas lengkap. Dari pantauan Liputan6.com terdapat area bermain untuk anak-anak, tempat ruang tunggu yang nyaman. Bahkan dilengkapi seperti pohon berbentuk setengah kubah berwarna putih. Hal itu menambah keindahan interior di Bandara Kertajati.

Ditambah bangku yang nyaman untuk penumpang di ruang tunggu. Tak hanya itu juga ada  karya seni berupa patung di bandara tersebut. Pada interior bangunan dihiasi dengan motif batik megamendung di dalam bandara Kertajati. 

Ingin lihat megahnya interior di dalam Bandara Kertajati? Yuk intip foto-foto ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Intip Fasilitas di Bandara Kertajati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini