Sukses

Tanda Resmi Beroperasi, Garuda Indonesia Akan Mendarat Perdana di Bandara Kertajati

Melihat dari sisi teknis, fasilitas yang tersedia serta proses administrasi yang telah terpenuhi, memungkinkan Bandara Kertajati resmi beroperasi pada 24 Mei 2018.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, Bandara Kertajati ‎Majalengka, akan resmi dioperasikan pada 24 Mei 2018. Maskapai Garuda Indonesia terpilih mencatat sejarah melakukan pendaratan perdana di bandara tersebut.
 
Budi mengatakan, melihat dari sisi teknis, fasilitas yang tersedia serta proses administrasi yang telah terpenuhi, memungkinkan Bandara Kertajati resmi beroperasi pada 24 Mei 2018. 
 
‎"Berkaitan dengan kesiapan Kementerian Perhubungan selaku sektor teknis sudah meneliti berkaitan dengan hal teknis, seperti kemampuan runway, daya dukung, juga berkaitan teknis lain. Prinsipnya dapat digunakan," kata Budi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (22/5/2018).
 
Budi memastikan bahwa Bandara Kertajati juga telah mengantungi perizinan internasional. Dengan begitu, bandara tersebut sudah siap untuk melayani penerbangan internasional.
 
"Kalau teknis sebelum tanggal 24 udah siap. Hari ini juga sudah siap tapi internasional hari itu dinyatakan boleh untuk dilakukan penerbitan," tuturnya.
‎
Menurut Budi, sebagai tanda resmi beroperasinya Bandara Kertajadi, akan dilakukan seremonial pendaratan perdana‎. Garuda Indonesia terpilih melakukan seremonial tersebut, dengan melakukan penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta.
 
‎"Besok itu ada namanya historical landing, jadi nanti ada satu penerbangan dari Jakarta ke Kertajati, biasanya itu menjadi satu note. Satu tanda penerbangan pertama dari bandara lain ke Kertajati," dia menandaskan. 
 
Tonton Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beroperasi 24 Mei, Bandara Kertajati Siap Layani 5 Rute Ini

Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat akan melayani lima rute penerbangan domestik. Hal itu disampaikan Kadishub Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik.

Lima rute penerbangan tersebut antara lain Kertajati-Denpasar, Kertajati-Surabaya, Kertajati-Ujung Pandang, Kertajati-Balikpapan, dan Kertajati-Medan. 

"Jadi lima penerbangan yang sudah ada. Nanti kami siapkan setelah historical flight," ujar dia di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Beberapa maskapai yang sudah siap melayani kelima rute tersebut, kata Dedi, adalah Garuda Indonesia, Citilink, dan Sriwijaya Air. Pihaknya pun akan terus mempersiapkan Bandara Kertajati agar dapat digunakan oleh masyarakat.

"Kami kerja sama, KSO. Kalau kerja sama bandar udara kan nanti BUMD nanti sudah itu. Kalau KSO operatornya AP II," ujar dia.

Dia pun berharap kelima rute tadi juga dapat digunakan oleh masyarakat yang hendak melakukan libur Lebaran 2018. "Nanti di Juni mudah-mudahan sudah bisa digunakan untuk mudik. Lihat nanti, pokoknya bisa langsung," dia menandaskan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.