Sukses

Menko Luhut Panggil Menteri Susi Bahas Masalah Sektor Perikanan

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menuturkan kaji ulang peraturan tentang sektor perikanan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan ‎membicarakan pembenahan tata kelola sektor perikanan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Luhut mengatakan, saat ini dirinya sedang mengkaji ulang peraturan tentang perikanan khususnya di laut, setelah mendengar keluhan dan masukan dari perwakilan nelayan yang mendatangi kantornya kemarin.

"Ada 60 perwakilan dari Bali, Pati, Jakarta, Sorong, Bitung, Merauke ada 10 tempat," kata Luhut, di Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Luhut mengatakan akan men‎cari solusi terbaik agar nelayan Indonesia bisa melaut. Masukan dari perwakilan nelayan di antaranya adalah mengizinkan kapal di atas 400 Gross Ton (GT) melaut sedangkan keluhannya adalah tidak bisa melaut karena ada beberapa larangan.

"Jadi kita sedang mencari solusi terbaik, bagaimana?. Karena nelayan kita bisa melaut sampai ke laut dalam, tinggal hanya mereka minta kapal-kapal di atas 400 GT izinnya," tutur Luhut.

Luhut melanjutkan, masing-masing nelayan punya masukan, tetapi dirinya tidak langsung‎ menyetujui masukan tersebut. karena itu akan memanggil Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk berdiskusi mencari solusi.

"Sedang dilihat sedang di exercise. Minggu depan mungkin kita undang ibu Susi untuk bicara bagaimana," ucap Luhut. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini