Sukses

5 Cara Menabung dalam Waktu Singkat

Liputan6.com, New York - Kebiasaan menabung seringkali terasa sangat sulit bagi sebagian orang. Padahal, Anda bisa menyimpan banyak uang dalam waktu singkat cukup dengan mengubah kebiasaan pribadi.

Maklum, ada-ada saja kebiasaan yang kurang baik yang memicu Anda menghabiskan pengeluaran lebih besar setiap bulan. Misalnya, Anda sering makan siang di restoran yang akhirnya membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang.

Tak hanya itu, di restoran, Anda juga harus merogoh kocek untuk membayar pajak. Agar bisa menabung uang dalam waktu cepat, berikut lima caranya seperti dikutip dari boldsky.com, Senin (9/3/2015):

1. Beli barang dalam jumlah banyak

Pembelian dalam jumlah banyak dari toko grosir biasanya jauh lebih murah. Jadi lebih mudah jika Anda membuat daftar belanja dalam sebelum dan membeli dengan jumlah yang banyak.

Jika Anda membeli barang atau kebutuhan rumah tangga dalam jumlah kecil, maka biaya yang dikeluarkan cenderung besar.

2. Belanja online

Pasar online kini tengah mendunia di berbagai negara. Alasannya sederhana, terdapat lebih banyak diskon dibandingkan jika Anda membeli barang secara langsung.

Ini merupakan salah satu cara paling sederhana untuk menabung. Tentu saja, cara yang satu ini jauh lebih cerdas dan mudah untuk diterapkan.

3. Musim diskon

Pergilah berbelanja di tengah musim diskon. Anda dapat membeli lebih banyak barang dengan biaya lebih murah di musim diskon.

Biasanya, musim diskon terjadi di sekitar hari raya besar atau menjelang pergantian tahun. Tak terbatas di toko lokal, sejumlah toko online juga ramai-ramai menawarkan potongan harga.

4. Berhenti makan di restoran

Jika Anda terbiasa makan di restoran, maka hentikan kebiasaan tersebut dan mulailah memasak menu makan sendiri. Pasalnya, makan di restoran berarti Anda membuang uang untuk membayar pajak makanan yang dibeli.

Terlebih lagi, saat makan di restoran Anda harus membayar lebih mahal dibandingkan harga sebenarnya untuk menu serupa. Jadi, masaklah di rumah dan lihat berapa banyak uang yang bisa Anda hemat.

5. Jangan mengejar merek

Biasanya para wanita membeli barang berdasarkan mereknya. Dirinya tak ragu-ragu mengeluarkan lebih banyak uang demi mendapatkan barang bermerek bagus.

Untuk menghemat lebih banyak uang, hentikan kebiasaan mengejar merek. Pastikan Anda membeli barang sesuai kebutuhan dan menghemat pengeluaran. (Sis/Gdn)