Sukses

Freeport Sewa Lahan Petrokimia untuk Bangun Smelter

Kerja sama PT Freeport Indonesia dengan Petrokimia Gresik diharapkan dapat memberikan nilai tambah.

Liputan6.com, Jakarta - PT Freeport Indonesia (PTFI) menggandeng PT Petrokimia Gresik untuk bekerjasama membangun pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter).

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI), Maroef Sjamsuddin mengatakan,  kerja sama tersebut terkait dengan pengadaan lahan pembangunan smelter. Lantaran smelter dibangun di atas tanah milik Petrokimia Gresik.

"Kami ada MoU. Dalam MoU sudah menyepakati di Gresik. Kami akan tanda tangan," kata Maroef di kantor Freeport Indonesia, kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Menurut Maroef, kerja sama tersebut juga akan memberikan nilai tambah kepada Petrokimia Gresik. Lantaran limbah pengolahan bisa menghasilkan sulfur acid yang dibutuhkan untuk Petrokimia Gresik.

"Dari pada cari kemana-mana impor maka kerja sama saja. Banyak limpahan-limpahan dari smelter bisa dimanfaatkan," ungkapnya.

Hal senada dikatakan Direktur Petrokimia Hidayat Nyakman. Ia menuturkan, MoU sebagai bentuk kesepakatan untuk menyewa lahan.

"MoU-nya baru saja ditandanganani. MoU ini sebagai bentuk kesepakatan sewa lahan kami," tutur Hidayat.

Hidayat mengungkapkan, setelah melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama kedua belah pihak membentuk  tim yang akan menentukan besaran sewa lahan dan lain sebagainya.

"Tim ini nantinya juga untuk mempermudah komunikasi antara kami dengan Freeport Indonesia. Dengan begitu diharapkan kontrak bisa segera ditandatangani," ujar Hidayat.  (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini