Sukses

Menperin MS Hidayat Beber Kriteria Penggantinya

Liputan6.com,Jakarta - Masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berakhir pada Oktober mendatang. Selain terjadi pergantian presiden, kursi-kursi menteri di dalam kabinet saat ini juga akan diisi muka-muka baru.

Membahas kriteria Menteri Perindustrian yang akan menggantikannya, MS Hidayat memberikan beberapa pandangan.

Menurut dia, orang tersebut harus bisa meneruskan apa yang telah dilakukannya secara lebih baik. "Pasti orang yang bisa meneruskan jauh lebih baik," ujar Hidayat di Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Kemudian, dengan keberadaan Undang-Undangan Perindustrian, menteri mendatang sudah lebih mudah menghimpun potensi sektor industri yang berkaitan dengan kementerian lain. Selain itu, juga telah ada masterplan industri yang disiapkan untuk 20 tahun mendatang.

"RPP sudah disiapkan meski belum sepenuhnya selesai, tetapi masterplan industri 20 tahun sudah terjamin. (Ada buku memori) yang bisa dijalankan, saya tinggalkan eselon 1 dan eselon 2. Kemarin saya juga bikin perubahan eselon 2,3 dan 4 untuk menata orang-orang disini (Kemenperin)," kata dia.

Untuk nama-nama yang akan mengantikannya, Hidayat mengaku belum mendapatkan informasi. Namun diyakini terbuka untuk semua kalangan. "Belum (ada informasi), itu akan diambil dari profesional, apa itu dari partai politik atau independen," lanjutnya.

Sementara itu, usia melepas jabatan sebagai menteri, Hidayat menyatakan akan kembali bergelut dalam bidang bisnis properti yang selama ini dijalankannya.

"Iya properti pastinya. Selama ini saya non-aktif. Saya mau bangun resort hotel di Bali, kan saya orang properti," tandas dia. (Dny/Nrm)