Sukses

Indonesia Raih Medali Silver di Piala Uber 2024, Warganet: Kalian Keren Bisa Sampai Final!

Meski Indonesia menjadi runner-up dan meraih silver di Uber Cup 2024, banyak warganet yang merasa bangga dengan tim pebulutangkis putri Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bertanding di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, Minggu (5/5/2024), Indonesia harus mengakui keunggulan China 0-3 di final Piala Uber 2024.

Indonesia kalah di match pertama ketika Gregoria Mariska Tunjung kandas dari tunggal putri pertama China, Chen Yu Fei: 7-21, 16-21.

Kemudian di match kedua, ganda campuran Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto juga gagal ketika bertanding dengan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Keduanya kandas dengan skor 11-21, 8-21.

Sementara Ester Nurumi Tri Wardoyo jadi satu-satunya pemain Indonesia yang bisa mencuri set dari skuad China. Sayangnya ia juga harus kandas dari He Bing Jiao 21-10, 15-21, 17-21.

Meski Indonesia menjadi runner-up dan meraih silver di Uber Cup 2024, banyak warganet yang merasa bangga dengan tim pebulutangkis putri Indonesia.

"Sekali lagi selamat untuk tim Uber Indonesia atas medali silvernya. Kalian keren banget bisa sampai final, melewati ekspektasi dan target semua orang," tulis @mik***

"Untuk tim Uber Indonesia, ga perlu bilang "Maaf seribu maaf.." ya karena kalian ga salah apa-apa. Di titik ini, mencapai final saja sudah lebih dari luar biasa," cuit @rubb***

"Dear Uber Cup, kami titipkan kamu di China utk saat ini. Kami akan kembali dua tahun lagi," ujar @bhul***

"Sekali lagi selamat ya buat pebulutangkis putri kitaa bangga banget bisa liat mereka sampai ke final dan berdiri di podium dengan medali silver mengalung dileher. Ayo bangkitt lagi di uber cup selanjutnya dan kita usahakan medali emas itu," tulis @grey*** memberikan semangat.

"Indonesia menjadi runner-up Piala Uber 2024, prestasi terbaik sejak 2008. Terharu bisa lihat tim uber Indonesia berdiri dipodium dan dpt medali. Unexpected but they did it. Tetap semangat! Terima kasih atas perjuangannya," timpal @mel***

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

China Juara Piala Uber 2024 usai Hajar Indonesia, Sabet Trofi ke-16 Sepanjang Sejarah

China kembali menguhuhkan dominasinya di panggung bulu tangkis putri bergengsi dunia. Dimotori oleh nama-nama bergengsi, yakni Chen Yu Fei dan kawan-kawan, China keluar sebagai juara Piala Uber 2024 usai menang di babak final pada Minggu (5/5/2024) pagi WIB.

Adalah pasukan bulu tangkis putri Indonesia yang menjadi korban keganasan skuad Tiongkok dalam laga puncak Uber Cup di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu. Srikandi Merah Putih dipaksa mengakui keunggulan lawannya usai kalah telak 0-3.

Hasil ini membuat China resmi menyabet trofi Piala Uber ke-16 sepanjang sejarah. Tim asal negeri tirai bambu terakhir kali memenangkan prestasi serupa pada 2020, dengan mereka cuma finis sebagai runner-up di bawah Korea pada edisi 2022 silam.

Sementara itu bagi Indonesia, peringkat 2 Uber Cup 2024 sudah menjadi prestasi terbaik sejak 16 tahun terakhir. Adapun Indonesia diketahui selalu finis sebagai runner-up dan gagal mencapai babak akhir ajang Uber Cup di beberapa edisi sebelumnya.

Tim bulu tangkis Merah Putih sempat tembus ke semifinal pada 2010. Sementara itu, predikat juara dua terakhir kali diraih pada 2008 ketika Indonesia juga takluk 0-3 di tangan China dalam duel pemungkas.

3 dari 5 halaman

Jalannya Pertandingan Indonesia vs China di Final Piala Uber 2024

Menilik jalannya duel Indonesia vs China di final Piala Uber 2024, Srikandi Merah Putih memang terus menerima gempuran dari pasukan Tiongkok sejak partai pertama.

Tunggal putri andalan Tanah Air, Gregoria Mariska Tunjung tak mampu berbuat banyak dan harus takluk lewat dua game langsung dengan 7-21 dan 16-21 di hadapan pebulu tangkis nomor 2 dnia Chen Yu Fei.

Siti Fadia Silva Ramadhanti yang bereuni dengan Ribka Sugiarto lantas diturunkan demi memberi perlawanan di nomor ganda putri. Akan tetapi, mereka lagi-lagi dihajar oleh duo China pemegang ranking 1 dunia, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, dengan straight game 11-21 dan 8-21.

Ester Nurumi Tri Wardoyo sempat membangkitkan harapan Indonesia ketika dirinya mencuri game pertama lewat keunggulan 21-10 at He Bing Jiao. Akan tetapi, besarnya perlawanan tunggal putri China membuat Ester pada akhirnya menyerah 15-21 dan 17-21 di dua set selanjutnya.

4 dari 5 halaman

Hasil Final Piala Uber 2024 Indonesia vs China

Tunggal 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Chen Yu Fei 7-21, 16-21

Ganda 1: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan; 11-21, 8-21

Tunggal 2: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs He Bing Jiao; 21-10, 15-21,17-21

Ganda 2: Lanny Tria Mayasari /Rachel Allessya Rose vs Liu Sheng Shu/Zhang Shu Xian (tidak dimainkan)

Tunggal 2: Komang Ayu Cahya Dewi vs Han Yue (tidak dimainkan)

5 dari 5 halaman

Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.