Sukses

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat, Terkenal Karena Rasanya yang Unik

Jawa Barat termasuk salah satu daerah yang kaya dengan jajanan khasnya. Bukan hanya masyarakat setempat, makanan khas Jawa Barat sudah cukup populer di berbagai daerah di Indonesia. Yuk, simak rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang banyak digemari ini!

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bagian dari Pulau Jawa, Jawa Barat juga terkenal dengan kekayaan kuliner khasnya. Tidak hanya disukai oleh penduduk lokal, tetapi juga menjadi favorit di seluruh Indonesia. Kuliner Jawa Barat dikenal dengan hidangan-hidangannya yang khas, menggabungkan cita rasa pedas dan gurih yang menggugah selera.

Berikut ini rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang banyak digemari karena keunikan rasanya, dikutip dari sehataqua.co.id (13/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Batagor

Batagor, hidangan istimewa yang bermula dari Jawa Barat, kini telah tersebar luas di berbagai penjuru Indonesia. Kata "batagor" sendiri adalah singkatan dari baso tahu goreng. Sesuai namanya, batagor terdiri dari baso yang terbuat dari ikan dan tahu, yang kemudian digoreng dan disajikan dengan saus kacang.

3 dari 13 halaman

Cireng

Jawa Barat sering menggunakan singkatan untuk kulinernya. Misalnya, batagor (bakso tahu goreng) dan cireng (aci digoreng). Cireng dibuat dari tepung kanji yang digoreng, dan biasanya disantap dengan sambal rujak atau sambal pedas manis.

4 dari 13 halaman

Lotek

Pada dasarnya, lotek memiliki kesamaan dengan pecel, makanan khas dari Jawa Timur. Lotek terbuat dari sayuran dan saus kacang sebagai bahan utamanya. Penggunaan bawang putih dan terasi dalam saus atau bumbu lotek menjadi elemen yang membedakannya dari pecel, makanan khas Jawa Barat.

5 dari 13 halaman

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang adalah salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Makanan khas Jawa Barat ini dikenal dengan tekstur lembutnya, meskipun tidak digoreng. Selain itu, Tahu Sumedang juga memiliki cita rasa yang khas, perpaduan antara rasa asin dan gurih yang menggugah selera.

6 dari 13 halaman

Seblak

Seblak, hidangan khas Jawa Barat yang belakangan ini mendapatkan popularitas besar di seluruh Indonesia, sebenarnya telah ada sejak tahun 1990-an di Jawa Barat. Hidangan ini terdiri dari kuah berbumbu kencur yang dicampur dengan kerupuk basah, sayuran, sosis, bakso, dan berbagai topping lainnya yang bervariasi.

7 dari 13 halaman

Karedok

Karedok merupakan hidangan yang terdiri dari aneka sayuran yang disajikan dengan bumbu kacang di atasnya, memiliki kemiripan dengan lotek. Tetapi, berbeda dari lotek, karedok mengandalkan sayuran mentah seperti kol, mentimun, tauge, dan daun kemangi sebagai bahan utamanya.

8 dari 13 halaman

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom adalah hidangan khas yang berasal dari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Hidangan ini terbuat dari oncom sebagai bahan utamanya, yang kemudian digoreng atau dibakar. Setelah itu, oncom tersebut dicampur dengan nasi yang telah ditumpuk sehingga membentuk tekstur yang lembut dan kecil. Rasanya gurih dan sering disajikan dengan ikan asin, ayam goreng, atau lauk lain sesuai selera.

9 dari 13 halaman

Apa Keunikan Makanan Jawa Barat?

Selain memiliki kuah dengan cita rasa asam pedas, ciri khas makanan Jawa Barat lainnya adalah memiliki kuah yang bening. Walaupun memiliki kuah bening dalam beberapa menu masakan, cita rasa gurih dan rempahnya masih cukup kuat dan nikmat.

 

10 dari 13 halaman

Kue Lapis Berasal dari Daerah Apa?

Meski terkenal hampir di hampir seluruh pulau Jawa, kue lapis tepung beras ini ternyata kue khas dari Betawi. Di daerah asalnya, kue lapis ini disebut juga dengan kue pepe yang khas dengan lapisan warnanya yang berbeda-beda.

11 dari 13 halaman

Apakah Gudeg Makanan Khas dari Jawa Tengah?

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

12 dari 13 halaman

Dari Mana Asal Kue Apem?

Apam atau apem banyiur adalah makanan yang terbuat dari tepung beras khas dari Kalimantan Selatan. Salah satu apam yang khas adalah apam yang di atasnya ditabur kelapa parut. Apam ini dibuat dengan cara dikukus.

 

 

13 dari 13 halaman

Dari Mana Asal Kue Bagea?

Kue bagea adalah salah satu kue khas Sulawesi Utara. Kue bagea memiliki bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan gula merah, kayu manis dan pala. Kemudian, adonan dicetak, dibungkus dalam daun enau atau daun lontar dan dipanggang hingga kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.