Sukses

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal dan Unik

Jawa Tengah terkenal sebagai daerah yang kaya akan makanan khasnya. Selain rasanya yang lezat, makanan khas Jawa Tengah juga terkenal karena harganya ekonomis. Yuk, simak rekomendasi makanan Khas Jawa Tengah yang paling terkenal ini!

Liputan6.com, Jakarta Selain menjadi tujuan wisata budaya yang terkenal, Jawa Tengah juga terkenal dengan ragam kuliner khasnya. Yang menarik, makanan khas dari Jawa Tengah seringkali tersedia dengan harga yang terjangkau. Banyak yang mengira bahwa kuliner khas Jawa Tengah cenderung manis, tapi sebenarnya ada juga yang memiliki cita rasa asin atau pedas.

Berikut ini rekomendasi makanan khas Jawa Tengah yang terkenal dengan keunikan dan kenikmatannya, dikutip dari mediaindonesia.com (13/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Tempe Mendoan

Tempe mendoan merupakan makanan yang amat digemari di Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah. Makanan sederhana ini terdiri dari tempe yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng hingga setengah matang. Tekstur lembut tempe di dalamnya membuatnya berbeda dengan tempe goreng biasa.

3 dari 13 halaman

Lumpia Semarang

Makanan asal Kota Semarang, Jawa Tengah, telah meraih ketenaran luas di berbagai penjuru Indonesia. Lumpia Semarang, dengan potongan rebung sebagai bahan utamanya, memikat dengan cita rasa yang istimewa. Kini, variasi lumpia semakin beragam, mulai dari ayam, telur, hingga sayuran.

4 dari 13 halaman

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa merupakan salah satu kuliner khas dari Jawa Tengah yang tersedia dalam dua versi, yaitu bakmi Jawa rebus dan bakmi Jawa goreng. Uniknya, istilah "bakmi Jawa" mengacu pada proses memasaknya yang dilakukan di atas tungku tradisional, bukan menggunakan kompor gas seperti mi-mi lainnya. Selain itu, bakmi Jawa umumnya disajikan dengan potongan daging ayam kampung dan telur bebek.

5 dari 13 halaman

Nasi Liwet

Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan, daun pandan, daun salam, garam, lengkuas, dan rempah-rempah lainnya untuk menghasilkan rasa yang unik. Biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti tempe goreng, ayam goreng, ikan asin, telur rebus, sayuran, dan sambal.

6 dari 13 halaman

Soto Kudus

Dari asalnya yakni Kota Kudus, Jawa Tengah, soto kudus dikenal sebagai hidangan khas. Uniknya, soto ini membedakan dirinya dari ragam soto lainnya. Biasanya disajikan dalam mangkuk kecil, soto kudus terdiri dari suwiran ayam dengan kuah bening yang khas.

7 dari 13 halaman

Sate Tegal

Sate Tegal ialah kuliner khas dari Kota Tegal, Jawa Tengah. Terbuat dari daging kambing atau domba muda di bawah lima bulan, yang sering disebut balibul. Salah satu ciri khasnya adalah potongan daging yang lebih besar daripada sate pada umumnya. Biasanya disantap dengan bumbu sambal kecap.

8 dari 13 halaman

Tongseng

Tongseng merupakan hidangan khas Jawa Tengah yang terdiri dari potongan daging kambing atau sapi yang dicampur dengan tomat merah, cabai rawit, potongan kol, dan diberi tambahan kecap. Proses memasak tongseng juga melibatkan penggunaan santan untuk memberikan cita rasa gurih yang khas.

9 dari 13 halaman

Apakah Pecel Termasuk Makanan Khas Jawa Tengah?

Pecel merupakan penganan khas suku Jawa yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan sudah ada sejak abad ke-9 masehi. Penganan tradisional yang kaya gizi ini sangat populer di Indonesia terutama di Jawa Timur, Jawa Tengah, Ngawi, Madiun dan D.I Yogyakarta.

 

10 dari 13 halaman

Apa yang Dimaksud Makanan Khas Jawa?

Masakan Jawa (bahasa Jawa: Olah-olahan Jawi) adalah masakan dari masyarakat Jawa di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

11 dari 13 halaman

Apa Kelebihan dari Makanan Khas Daerah?

Makanan tradisional memiliki keunggulan tersendiri, antara lain:

o Diolah dari bahan segar dan alami o Kandungan lemak relatif rendah o Tidak menggunakan zat aditif (pewarna dan pengawet)

o Relatif aman bagi kesehatan

o Sesuai dengan selera dan kebiasaan

o Biaya relatif murah, juga mudah didapat

o Sangat bervariasi.

12 dari 13 halaman

Gado-gado Makanan Khas Daerah Apa?

Gado-gado kemudian menyebar ke seluruh wilayah Jakarta dan menjadi makanan khas Betawi. Gado-gado Betawi sendiri menggunakan sayuran seperti kacang panjang, tauge, kangkung, kol, dan timun.

 

13 dari 13 halaman

Apa yang Menjadikan Makanan Khas Daerah dapat Menjadi Daya Tarik Wisatawan?

Bahan baku yang melimpah, pembuatan makanan tradisional, dan pangsa pasar yang menjanjikan seharusnya bisa menjadikan kekayaan makanan tradisional menjadi atraksi wisata yang berharga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.