Sukses

Sinyal Indosat dan 3 Gangguan, Warganet Ramai Mengeluh di X

Pengguna Indosat dan 3 mengeluhkan gangguan sinyal yang menghilang saat menggunakan internet. Laporan Downdetector menunjukkan bahwa kedua operator mengalami masalah sejak pukul 19.27 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Sinyal Indosat dan 3 (Tri) diketahui mengalami gangguan, dan dilaporkan menghilang walau "bar" jaringan di perangkat terlihat penuh.

Laporan Indosat error dan 3 bermasalah ini pertama kali dilaporkan oleh salah satu rekan tim Tekno Liputan6.com, yakni Sulung.

Lewat pesan singkat, Sulung mengatakan, "internet gue mendadak hilang saat nonton live streaming di YouTube baik di HP dan Tab."

Tim Liputan6.com langsung mengecek ke situs Downdetector, dan mendapati memang jaringan Indosat dan 3 sedang mengalami masalah.

Berdasarkan laporan di Downdetector, baik 3 dan Indosat gangguan dalam waktu bersamaan yakni pada jam 19.27 WIB malam dengan laporan mencapai 7 ribuan.

Sontak pengguna Indosat dan 3 banyak yang marah dan bertanya-tanya kenapa ponsel dan perangkat mobile mereka tidak mendapatkan sinyal.

Terbukti, keyword "Indosat" pun saat ini memuncaki trending topic di X alias Twitter.

"Sumpahhhh indosat error gue sangka kuota gue abis😊😊😊😊😊😊 mana udah beli paket. padahal gue udah langganan setahun🥲👍," kata @f****.

"Indosat hifi ga jelasss. Baru mau nyampe rumah mau lanjut zoom internet error terus, ampe gue kira krn blm bayar. Eh pas udh bayar tb2 dpt WA gini. Lo mau maintance dr jam 6 knp baru info jam8 lewatttt. Tau gt gw zoom di cafe manaa gt drpd pulangg. Ga jelasss @indosat @HiFicares," cuit @i****.

Akun @t**** di X mencuitkan, "error ka. Indosat sama 3." Hal serupa juga diunggah oleh akun @h****, "Tri sm indosat error man."

"Oalahh ternyata indosat lagi error toh..Hmmmmm," ujar @M****.

"Kirain aku doang yg susah sinyal ternyata dimana2 juga lagi error sinyal Tri, parah banget ni Indosat," kata @t**** di media sosial X Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indosat Mau Fokus Kembangkan Jaringan di Papua pada 2024

Ilustrasi: BTS Indosat Ooredoo (Foto: Indosat Ooredoo)

Di sisi lain, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) baru saja mengumumkan pelepasan kepemilikan data center mereka ke perusahaan hasil patungan Indosat, Lintasarta, dan BDx Data Center, Selasa (9/1/2024).

Dalam kesempatan ini, Presdir sekaligus CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha pun menyebut dialihkannya kepemilikan portofolio carrier-neutral colocation dan edge sites ini juga termasuk 10 lokasi strategis yang terhubung ke enam kabel laut dalam negeri dan lima kabel laut internasional.

Pada gilirannya, hal tersebut bisa mendukung pengalaman konektivitas masyarakat dan transformasi digital di Indonesia jadi kian meningkat. Di sisi lain, untuk hadirkan konektivitas yang memberdayakan, Indosat juga berencana untuk mengembangkan jaringan Indosat di wilayah-wilayah baru.

"Tahun ini kami fokus mengembangkan di Papua, karena memang saat ini kami hanya memiliki beberapa kota yang tercover, tetapi itu belum maksimal. Rencananya, tahun ini kami akan all out," kata Vikram.

Fokus penggelaran jaringan di Papua ini serupa dengan yang telah Indosat Ooredoo Hutchison lakukan di Kepulauan Nusa Tenggara pada tahun 2023.

3 dari 4 halaman

All Out Bangun Jaringan di Papua

CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha (kedua kiri) dan Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung memantau Command Center Indosat Ooredoo Hutchison. Trafik jaringan Indosat naik 8,9 persen di momen Tahun Baru 2024 (Foto: Indosat Ooredoo Hutchison).

"Tahun 2023 kami sudah benar-benar all out di sana (Nusa Tenggara). Kalau teman-teman ke Nusa Tenggara Timur dan Barat, kami sudah ada sinyal, pelanggan sudah bisa menggunakan layanan Indosat, baik itu brand IM3 juga Tri," ujar SVP Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang menambahkan.

Steve belum bisa mengungkap target pengembangan jaringan Indosat di Papua serta berapa banyak investasi yang dikeluarkan untuk membangun jaringan di pulau paling timur Indonesia. Namun, ia menekankan Indosat sudah berkomitmen untuk membangun jaringan di Papua.

"Belum ada informasi mengenai itu (investasi di Papua), tapi sudah ada komitmen bahwa tahun ini Papua menjadi target untuk bisa (dikembangkan) seperti Nusa Tenggara dengan coverage 99,8 persen," kata Steve.

4 dari 4 halaman

Trafik Naik di Momen Akhir Tahun 2023

Ilustrasi Indosat Ooredoo (Foto: Indosat Ooredoo)

Sementara itu, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) mencatat kenaikan trafik sebesar 8,9 persen pada momen Tahun Baru 2024 dibandingkan rata-rata periode hari normal. 

Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung mengatakan, kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat menjadi hal paling penting bagi perusahaan. 

"Sejalan dengan upaya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini," kata Desmond, dikutip dari keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (4/1/2024). 

Menurut data perusahaan, Indosat mencatat peningkatan trafik data 8,4 persen pada 24 Desember 2023. Sementara, kenaikan trafik 8,9 persen diperoleh pada 31 Desember 2023. Peningkatan ini dicatat dibandingkan rata-rata trafik saat hari normal. 

Indosat menyebutkan, peningkatan trafik data yang signifikan pada masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal.  

Sementara, di luar Pulau Jawa,  peningkatan trafik internet tertinggi tercatat di Kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.