Sukses

Oppo Find N3 Hadir dengan Chip Keamanan Khusus, Jamin Perlindungan Data Pengguna

Oppo Find N3 yang akan diluncurkan pada 19 Oktober 2023 disebut akan dibekali dengan chip khusus untuk menjamin keamanan yang lebih mumpuni.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo diketahui akan meluncurkan Oppo Find N3 di Cina, pada 19 Oktober 2023. Menjelang peluncurannya, perusahaan mengungkapkan kalau HP lipat tersebut akan hadir dengan chip keamanan independen, yang memperkenalkan tingkat keamanan tingkat lanjut.

Chief Product Officer Oppo Liu Zuohu menjelaskan, fitur keamanan inovatif ini dirancang untuk memberikan privasi dan ketenangan pikiran yang lebih baik kepada pengguna Oppo Find N3.

Dengan kehadiran chip ini, pengguna HP Oppo tersebut dapat dengan mudah mengakses ruang pribadi khusus hanya dengan menekan tombol sederhana, yang diberi nama “Isolated Island”, seperti dikutip Gizmochina, Selasa (17/10/2023).

Chip ini diklaim akan memberikan keamanan tingkat hardware untuk menjaga data pribadi maupun bisnis. Oppo pun disebut telah merilis video promosi untuk menampilkan peningkatan fitur keamanan di Find N3.

Sekadar diketahui, meski belum rilis, bocoran soal HP layar lipat terbaru Oppo ini sudah bermunculan di internet. Salah satunya menyebut kalau Oppo Find N3 akan tersedia dalam dua versi yakni edisi standar dan Edisi Kolektor. 

Dari bocoran itu disebutkan, Find N3 akan memiliki layar AMOLED 7,82 inci yang dapat dilipat dengan resolusi 2K di bagian dalam. Sementara di bagian luar, ada layar AMOLED 6,31 inci beresolusi FHD+. 

Kedua layar mendukung refresh rate 120Hz. Perangkat ini ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2 dengan clock speed 3,36GHz, serta menggunakan RAM LPDDR5x 16 GB yang dipasangkan dengan penyimpanan UFS 4.0 sebesar 1 TB.

Find N3 memiliki kamera depan 32 megapiksel dan kamera internal 20 megapiksel. Lalu ada tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48 megapiksel+OIS, lensa ultrawide 48MP, serta lensa periskop 64MP. 

HP Oppo ini memiliki baterai 4.800mAh dengan fast charging 67W dan pengisian nirkabel 50W. Sementara untuk edisi Kolektor diprediksi akan hadir dengan RAM LPDDR5x 24 GB dan penyimpanan UFS 4.0 1 TB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Oppo Find N3 Flip di Cina

Di samping Find N3, ada pula Find N3 Flip yang hadir membawa fitur mute switch untuk memilih silent, dering, atau getar, seperti yang ada di ponsel OnePlus.

Untuk spesifikasi Oppo Find N3 Flip lainnya, ponsel lipat ini masih membawa banyak dari pendahulunya. Layar utamanya LTPO AMOLED 6,8 inci dengan resolusi 1080 x 2520 piksel dengan refresh rate adaptif sampai 120Hz.

Sementara panelnya menggunakan ultra-thin glass (UTG) yang memiliki kecerahan puncak sampai 1.600 nits.

Untuk software-nya, Oppo sudah membekali ponsel ini dengan ColorOS 13.2 berbasis Android 13. Baterainya juga masih berukuran 4.300 mAh dan mendukung pengisian daya cepat 44W.

Kali ini, Oppo menghadirkan tiga varian warna Find N3 Flip yaitu Black, Gold, dan Rose. Di Cina, Oppo Find N3 Flip dijual dengan harga CNY 6799 (sekitar Rp 14,2 juta) untuk versi 12/256 GB dan CNY 7599 untuk 12/512GB sekitar Rp 15,8 juta).

Di negara asalnya, Oppo sudah membuka pemesanan Find N3 Flip, dengan penjualan pada 8 September 2023. Meski sudah dikonfirmasi akan rilis global, namun perusahaan belum mengungkapkan harga dan waktu peluncurannya.

3 dari 4 halaman

Oppo Find N3 Bisa Dipesan Mulai 10 November 2023 di Indonesia?

Masih terkait Oppo Find N3, Oppo diketahui akan merilis smartphone layar lipat terbarunya untuk pasar Indonesia. Bukan hanya Oppo Find N3, tetapi juga Find N3 Flip.

Untuk Find N3 Flip, Oppo sebenarnya sudah membuka pra-registrasi untuk konsumen di Indonesia yang tertarik dengan smartphone tersebut. 

Kendati demikian, dari bocoran terbaru, ada sedikit informasi mengenai kehadiran Oppo Find N3 di pasar Tanah Air. Informasi mengenai smartphone ini didapat dari tangkapan layar unggahan salah satu anggota di Oppo Community.

Dalam unggahannya, anggota itu berbagi soal informasi dari situs resmi BCA mengenai promo launching Oppo Find N3. Adapun informasi laman itu menjelaskan tentang kapan promo pembelian HP Oppo itu bisa dimanfaatkan pengguna kartu kredit BCA.

Dijelaskan, periode promo untuk pembelian Oppo Find N3 bisa dilakukan mulai 10 November hingga 20 Desember 2023. Meski saat ini informasi tersebut sudah dihapus, bocoran itu merupakan indikasi smartphone ini akan hadir di Indonesia jelang akhir 2023. 

Kendati demikian, Oppo sendiri saat ini belum memberikan informasi resmi terkait kehadiran seri Find N3 di Indonesia. Karenanya, menarik untuk menunggu informasi lebih lanjut dari Oppo soal perangkat ini.

4 dari 4 halaman

Oppo Kuasai Pasar Smartphone Lipat di China

Di sisi lain, pada tahun 2022, pengiriman smartphone lipat China tumbuh 199% YoY hingga melampaui 3 juta unit, mewakili sekitar 26% dari volume global.

Dalam hal persaingan, Oppo, Huawei, dan Samsung muncul sebagai pemimpin pasar yang dominan, menawarkan model premium smartphone lipat terlaris di China.

Menurut laporan Counterpoint Research, dikutip Minggu (23/7/2023), Oppo dan Huawei menguasi daftar lima model ponsel lipat terlaris sepanjang Januari-Mei 2023, terhitung 76% dari total penjualan smartphone lipat di China.

Oppo Find N2 Flip, smartphone model flip pertama Oppo, berhasil menduduki puncak pasar smartphone lipat China, meraih 14,8% pangsa pasar.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.