Sukses

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 12S dan 12S Pro Muncul di Internet

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi diketahui sedang mempersiapkan dua ponsel HP Android premium lainnya, selain model 12 Ultra yang akan dirilis bulan depan.

Dari berbagai bocoran yang sudah beredar saat ini, perusahaan asal Tiongkok itu akan merilis Xiaomi 12S dan 12S Pro.

Kabar ini diperkuat oleh bocoran informasi di Geekbench, dan beredarnya foto-foto perangkat tersebut di internet.

Berdasarkan foto yang beredar, Xiaomi akan menyematkan label Leica di modul kamera ponsel. Kini, informasi lebih detail diungkap oleh leakster kenamaan Mukul Sharma (@stufflistings).

Lewat akun Twitter-nya, dia mencuitkan spesifikasi lengkap Xiaomi 12S dan 12S Pro.

Mengutip cuitan @stufflistings di Twitter, Selasa (21/6/2022), Xiaomi 12S akan hadir dalam 3 varian RAM dan storage, yakni 8/128GB, 8/256GB, dan 12/512GB.

Xiaomi 12S akan ditenagai oleh prosesor baru milik Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Sedangkan untuk Xiaomi 12S Pro, perusahaan akan menyediakan dua varian. Satu dengan Snapdragon 8 Plus Gen 1, dan lainnya pakai MediaTek Dimensity 9000.

Versi MediaTek hanya akan tersedia dengan pilihan RAM dan storage, mulai dari 8/256GB dan 12/512GB.

Sedangkan untuk varian Snapdragon 8 Plus Gen 1, Xiaomi akan menyertakan RAM dan storage serupa dengan model 12S.

Bedanya, Xiaomi 12S Pro sudah mendukung kemampuan fast charging 120W--seperti model 12 Pro.

2 dari 4 halaman

Xiaomi 12 Ultra Meluncur Juli 2022

<p>Gambar render Xiaomi 12 Ultra. (Doc: OnLeaks x ZoutonUS)</p>

Pembesut smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, telah merilis perangkat Xiaomi 12 series beberapa waktu lalu. Namun ada satu versi yang sampai sekarang belum hadir yakni Xiaomi 12 Ultra.

Jika melihat waktu sebelumnya saat Xiaomi merilis Mi 11 Ultra, tampaknya peluncuran Xiaomi 12 Ultra pun sudah dijadwalkan.

Mengutip Gizchina, Senin (13/6/2022), laporan terbaru mengungkap smartphone flagship Xiaomi 12 Ultra bakal diluncurkan bulan depan, Juli 2022.

Meski belum diluncurkan, sejumlah bocoran spesifikasi Xiaomi 12 Ultra mulai bermunculan. Salah satunya adalah bocoran bahwa Xiaomi 12 Ultra akan hadir dengan baterai 5.000mAh. Informasi ini konsisten dengan kapasitas baterai di generasi sebelumnya, Xiaomi 11 Ultra.

3 dari 4 halaman

Kolaborasi Xiaomi dan Leica

Xiaomi dan Leica secara resmi mengumumkan kerja sama mereka untuk smartphone flagship terbaru yang rilis Juli 2022 mendatang (Twitter CEO Xiaomi Lei Jun @leijun)

Bicara Xiaomi 12 Ultra, nilai jual utama dari smartphone ini adalah kameranya. Pasalnya, pendiri sekaligus chairman Xiaomi group dan CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan, kamera di perangkat flagship itu dikembangkan bersama oleh Xiaomi dan Leica.

Kolaborasi dengan Leica disebut-sebut bakal meningkatkan kekuatan Xiaomi dalam bidang pencitraan gambar serta pengalaman fotografi di smartphone.

Teknologi pencitraan kamera flagship Xiaomi yang dikembangkan bersama Xiaomi dan Leica memiliki tiga kamera utama. Xiaomi 12 Ultra akan hadir dengan kamera utama, kamera ultra-wide, dan kamera periskop telephoto.

Smartphone ini juga akan didukung dengan Optical Image Stabilization (IOS). Perangkat ini juga menambahkan algoritma pencitraan Leica untuk mendukung perekaman 8K dan filter video.

Kamera di Xiaomi 12 Ultra kabarnya bakal mendukung warna alami Leica, filter black and white, dan banyak lainnya.

4 dari 4 halaman

Kamera Xiaomi 12 Ultra

Xiaomi 12 Series. Credit: Dok. Xiaomi

Laporan terbaru dari leaker Weibo @DCS mengungkap, smartphone Xiaomi 12 Ultra akan dirilis bulan depan. Kamera utamanya akan menggunakan sensor 200MP dengan ukuran 1 inci.

Layar Xiaomi 12 Ultra menggunakan layar Samsung yang juga diperkuat dengan refresh rate 165Hz. Masih dari layar, perangkat ini juga bakal mengusung desain ultra-narrow bezel.

Xiaomi 12 Ultra kabarnya akan didukung pengisian daya cepat 100W, bukan 200W seperti yang sebelumnya diisukan.

Sekadar informasi, saat ini ada lima smartphone flagship Tiongkok yang kabarnya bakal didukung pengisian daya cepat 200W, mulai dari Xiaomi 12 Ultra, flagship baru Mororola, ROG Phone 6, Realme GT2 Master Explorer Edition, dan iQOO 10 Pro.

Sebelumnya, CEO Xiaomi Lei Jun bilang, Leica telah hadir 109 tahun. Perusaahaan pun percaya diri bahwa tone warna dan estetika hasil olahan Leica dipertimbangkan sebagai tolok ukur teratas di dunia kamera.

(Ysl/Tin)