Sukses

Pelanggan YouTube Premium dan Music Sudah Tembus 50 Juta

YouTube mengatakan, layanan Music dan Premium mereka sudah memiliki lebih dari 50 juta pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube mengklaim, mereka sudah memiliki 50 juta pengguna yang berlangganan atau mencoba layanan YouTube Premium dan YouTube Music.

"YouTube telah melampaui 50 juta pelanggan Music dan Premium, termasuk penguji coba," kata Lyor Cohen, Global Head of Music YouTube.

Dalam tulisannya di blog resmi situs berbagi video tersebut pada Sabtu (4/9/2021), berdasarkan laporan MiDIA, mereka menjadi layanan langganan musik dengan pertumbuhan tercepat.

Cohen juga menyebut, penawaran dari YouTube Music dan Premium "bergema di pasar musik yang sudah mapan maupun yang sedang berkembang."

"Kami melihat pertumbuhan yang mengesankan di negara-negara seperti Korea, India, Jepang, Rusia, dan Brasil di mana musik adalah gairah utama," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ungkap Secara Rinci

Tidak banyak yang diuraikan Cohen dalam penjelasannya tersebut, selain berbicara mengenai keunggulan layanan YouTube Music dan Premium mereka.

Mereka mencontohkan, salah satunya adalah berinvestasi dalam fitur baru serta memberikan manfaat eksklusif untuk anggota mereka.

Misalnya, Tim McGraw mengadakan pesta ulang tahun khusus untuk anggota Premium segera setelah merilis video musik barunya," kata Cohen.

"Pengalaman penggemar yang intim seperti ini adalah solusi win-win untuk artis dan anggota Premium, jadi diharapkan akan ada lebih banyak lagi di masa mendatang."

YouTube juga tidak menjabarkan lebih jauh tentang jumlah orang yang berlangganan YouTube Music maupun YouTube Premium, atau sekadar menggunakan percobaan selama sebulan.

3 dari 4 halaman

Jumlah Pelanggan Aplikasi Streaming Musik Lain

Dikutip dari The Verge, Google juga belum mengungkapkan penyebab kenaikan subscriber di dua platform ini.

Mengutip Engadget, sekitar setengah tahun yang lalu gabungan pelanggan di YouTube Premium dan Music dilaporkan sudah mencapai angka 20 juta.

Di 2019 sendiri, jumlah pelanggan gabungan di Google Play dan Youtube Music mencapai 15 juta.

Meski mengklaim sudah memiliki 50 juta pelanggan YouTube Premium dan Music, namun angka itu masih tertinggal dari Spotify yang per Juni 2021, sudah memiliki 165 juta pelanggan.

Sementara, dikutip dari Engadget, Apple belum mengungkapkan pelanggan Apple Music sejak Juni 2019, di mana mereka telah memiliki 60 juta pelanggan.

Di bulan Januari 2021, Amazon juga menyebutkan pelanggan layanan Music mereka mencapai 55 juta, meski hanya beberapa dari mereka yang membayar untuk paket Unlimited.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.