Sukses

Tips Manfaatkan Teknologi untuk Pelaku Bisnis UMKM Digital Pemula

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dimungkiri, geliat bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang semakin bergairah, tak lepas dari campur tangan teknologi. Berkat teknologi, berbagai jenis upaya dan bisnis UMKM bisa dilaksanakan lebih mudah dan terstruktur.

Kehadiran teknologi sebagai instrumen untuk menopang UMKM, dimanfaatkan sebagai peluang oleh para pegiat bisnis Tanah Air. Namun, banyak dari mereka yang masih bingung harus menggunakan apa ketika baru memulai bisnis digital.

Sejumlah tips dari video yang diunggah Bhinneka.com pada platform streaming Vidio kali ini bisa jadi referensi untuk para pemula bisnis UMKM digital. Ternyata, ada banyak aplikasi dan layanan gratis yang bisa dimanfaatkan.

“Untuk pengolahan data, banyak kok yang gratis dan nggak berbayar seperti Microsoft punya. Ada WPS Office, Libre Office, Google Docs, Google Sheet,” ujar Novelix Kurniawan, Infrastructure Engineer dari Bhinneka.com.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan Media Sosial

Dalam urusan memasarkan produk, Novelix menyarankan untuk memanfaatkan kecanggihan media sosial untuk menjangkau pasar. Sementara untuk server, tak perlu membeli dengan harga ratusan juta karena sudah ada teknologi cloud hosting.

“Media penyimpanan itu nggak harus bentuk fisik. Kita bisa pakai Google Drive, One Drive, dan Mega Sync,” katanya.

Lalu, bagaimana tips untuk memilih teknologi yang tepat saat baru memulai bisnis digital? Simak ulasan lengkapnya pada video di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal Bhinneka.com yang ada di platform streaming Vidio.

3 dari 3 halaman

Saksikan videonya berikut ini