Sukses

Seru, Nonton GoPlay Kini Bisa dari TV

Liputan6.com, Jakarta - GoPlay baru saja mengumumkan kehadiran fitur baru untuk aplikasinya, yakni fitur cast. Dengan fitur terbaru ini, konten di GoPlay sekarang bisa disaksikan di layar TV yang lebih lebar.

Untuk memanfaatkannya, pengguna dapat memakai perangkat Chromecast untuk smartphone Android atau AirPlay untuk smartphone Apple. Nantinya, pengguna tinggal mengklik tombol Chromecast atau AirPlay di pojok kanan atas layar untuk menyaksikan konten di TV.

"Sebagai bagian dari super app Gojek, pengalaman mobile terus menjadi fokus GoPlay, dimana kami juga mendengarkan aspirasi pengguna GoPlay di tengah normal baru," tutur VP Marketing GoPlay Sasha Sunu dalam keterangan resmi, Jumat (5/6/2020).

Untuk itu, Sunu menuturkan GoPlay mempercepat inovasi untuk menghadirkan berbagai fitur baru bagi pengguna untuk memberikan opsi pengalaman menonton yang lebih prima, termasuk di antaranya adalah fitur cast ini.

"Kini kami bisa menikmati berbagai konten terbaik GoPlay, termasuk di antaranya Festival Film dan Serial Online di GoPlay di layar lebar," tutur Sunu lebih lanjut.

Namun sebelum mencobanya, pengguna harus memastikan telah memakai aplikasi GoPlay terbaru. Selain itu, pengguna juga perlu mengecek apakah TV yang dipakainya sudah terhubung Chromecast baik dengan dongle atau built-in, atau memakai Apple TV Set Top Box.

Selain itu, pengguna kini dapat memberikan akses GoPlay sebagai hadiah untuk orang terdekat. Jadi, pengguna tinggal membeli voucher GoPlay melalui GoTix atau Blibli.com, lalu membaginya pada teman atau keluarga.

Sebagai informasi, GoPlay saat ini juga menyalurkan 20 persen hasil pendapatan dari akses menonton ke Badan Perfilman Indonesia sebagai bentuk apresiasi pekerja film yang terdampak di masa pandemi oOvid-19.

2 dari 3 halaman

Gojek Rilis Layanan Video On-demand GoPlay

Sebagai informasi, layanan GoPlay sendiri resmi meluncur pada tahun lalu. Gojek bekerja sama dengan para filmmaker Indonesia untuk menghadirkan film, serial, dan konten original eksklusif di GoPlay.

Co-founder Gojek, Kevin Aluwi, mengungkapkan kehadiran GoPlay merupakan cara baru perusahaan memberikan solusi untuk masalah yang ada di kehidupan masyarakat.

GoPlay diharapkan dapat membantu industri kreatif, terutama pembuat film untuk mendapatkan penonton yang lebih banyak dari platform digital di luar bioskop dan televisi.

"Film-film di Indonesia kualitasnya semakin baik setiap tahun, tapi masih kalah bersaing dengan film internasional karena sarana penayangannya juga masih kurang di Indonesia. GoPlay bisa menjadi solusi agar film-film Indonesia menjadi lebih mudah diakses, karena sineas kini bisa menyalurkan karyanya di platform Gojek," ungkap Kevin dalam acara peluncuran Gojek, Kamis (26/9/2019).

Tingginya penetrasi smartphone di Indonesia saat ini, kata Kevin, menjadi peluang bagi fimmaker nasional untuk menjangkau lebih banyak audiens. Ia meyakini, GoPlay akan menjembatani para sineas dan jutaan pengguna smartphone tersebut.

"Gojek telah diunduh lebih dari ratusan juta kali di Indonesia, dan memiliki pengguna loyal yang bisa diakses langsung oleh para filmmaker," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Konten Original GoPlay

GoPlay menyuguhkan berbagai konten original (Goplay Original) dan ekslusif melalui kerja sama dengan sejumlah Production House (PH). Konten GoPlay Original antara lain Filosofi Kopi The Series, Kata Bocah The Show, dan Haha Club.

GoPlay juga menghadirkan film-film sukses Tanah Air, termasuk Aruna dan Lidahnya, Kulari ke Pantai, Buffalo Boys, dan 27 Steps of May.

GoPlay juga tengah menyiapkan tiga seri baru yaitu Saiyo Sakato oleh Salman Aristo dan Gin S. Noer, Tunnel oleh Shanty Harmayn dan Tanya Yuson, sert remake seri Gossip Girl oleh Nia Dinata. Semua konten oleh GoPlay Original hanya akan tersedia ekslusif di GoPlay.

CEO GoPlay, Edy Sulistyo, mengungkapkan pihaknya akan terus menambah jumlah konten di GoPlay. Sayangnya, ia enggan menyebutkan jumlah konten yang saat ini tersedia di platform tersebut.

"Kami memiliki banyak konten, dan juga bekerja sama dengan production house terkenal untuk konten-konten berkualitas. Kami bertujuan agar GoPlay bisa membantu mempromosikan film-film nasional," sambungnya.

Semua pengguna Gojek di Indonesia bisa mengunduh aplikasi GoPlay. GoPlay menyediakan dua paket berlangganan seharga Rp 89 ribu dan Rp 99 ribu per bulan. Untuk paket Rp 99 ribu, pengguna juga akan mendapatkan 60 voucher pengiriman GoFood senilai Rp 600 ribu.

(Dam/Ysl)