Sukses

Bantu Proses Belajar, Kelas Pintar Rilis Fitur Sekolah

Layanan belajar online, Kelas Pintar, meluncurkan fitur baru bernama Sekolah dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan belajar online, Kelas Pintar, meluncurkan fitur baru bernama Sekolah dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2020. Fitur baru ini bertujuan mempermudah proses belajar mengajar secara online.

"Sekolah didesain untuk membantu proses belajar mengajar. Fitur ini sekaligus bisa menjawab tantangan baik secara jangka pendek maupun jangka panjang," ungkap pendiri Kelas Pintar, Fernando Uffie, dalam acara peluncuran Sekolah melalui video conference pada Senin (18/5/2020).

Uffie menjelaskan, fitur Sekolah merupakan solusi untuk guru dan murid agar tetap dapat melakukan proses belajar mengajar secara online, tanpa mengurangi interaksi yang selama ini sudah terbangun antara guru, siswa, orang tua dan pihak sekolah. Melalui fitur ini, pendidikan karakter yang selama ini dilakukan oleh para pengajar di institusi sekolah bisa tetap dilakukan meski tidak dalam satu ruangan.

"Fitur Sekolah adalah solusi bagi dunia pendidikan di masa Covid-19. Lebih dari itu, fitur ini hadir untuk menguatkan peran sekolah, guru dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa, di kondisi apapun," kata Uffie.

"Ini adalah cara kami mengintegrasikan ekosistem pendidikan ke dalam platform digital tanpa menegasikan peran stakeholder, karena tujuannya adalah untuk menguatkan," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Enam Menu

Fitur Sekolah memiliki enam menu yang bisa dimaksimalkan oleh guru, siswa, sekolah dan orangtua dalam proses belajar mengajar. Berikut rangkuman enam menu tersebut:

Kelas

Melalui menu Kelas, proses pembelajaran bisa dilakukan dengan tatap muka virtual. Interaksi antara guru dengan para siswa ataupun sebaliknya bisa dilakukan secara realtime.

Bagi para siswa, jika belum mengerti tentang materi pelajaran yang diberikan guru dapat langsung bertanya atau sebaliknya. Guru pun dapat menjelaskan materi pelajaran dengan bantuan virtual whiteboard atau share screen (berbagi layar) dengan siswanya.

PR (Pekerjaan Rumah)

Para guru bisa menggunakan menu ini untuk memberikan tugas kepada siswa dan menerima tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa. Guru maupun siswa dapat langsung mengirim, mengunduh dan mengunggah file dalam bentuk pdf, png, jpeg maupun doc tanpa perlu mengirimkan dalam bentuk email atau bahkan menggunakan platform lainnya.

Project

Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning/PBL) atau model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran adalah salah satu model pembelajaran yang dianjurkan terkait dengan implementasi kurikulum 2013. Untuk itu, Kelas Pintar menanamkan menu Project, yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran berbasis PBL.

Guru dan siswa dapat dengan mudah mengirim, mengunduh maupun mengunggah file PBL (pdf, png, jpeg, doc). Guru pun dapat memantau status, memberikan penilaian maupun menjelaskan setiap jawaban PBL siswa terkait project yang diberikan.

3 dari 3 halaman

Fitur Lain

Ujian

Melalui menu Ujian, guru bisa dengan mudah membuat ujian online, dan siswa dapat mengerjakan secara langsung soal ujiannya.

Tugas

Lewat menu Tugas, guru dapat memberikan tugas secara online dengan soal yang dibuat sendiri. Jenis soal yang dibuat bisa berupa essay dan pilihan ganda.

Selain itu, guru juga dapat menentukan sendiri bobot nilai dari setiap soal yang dibuat dan diberikan pada siswa.

Monitoring

Salah satu kendala yang dihadapi oleh guru atau tenaga pengajar adalah sulitnya memantau dan mengawasi siswa saat ujian. Oleh karena itu, Kelas Pintar menanamkan menu monitoring yang bisa diaktifkan oleh guru pada saat melakukan ujian online.

Melalui menu tersebut, guru bisa melihat aktifitas belajar siswa di rumah secara online, aktifitas komputer siswa, bahkan dapat langsung memberikan instruksi, peringatan dan pengumuman.

Layanan kelas pintar bisa diakses melalui situs web, serta aplikasi di perangkat Android dan iOS.

Untuk bisa mengakses berbagai fitur Kelas Pintar, pengguna dapat berlangganan Paket Sahabat Belajar Online. Ini merupakan paket belajar yang menggabungkan layanan Kelas Pintar Regular, SOAL dan TANYA Prioritas.

Menyambut Tahun Ajaran 2020/2021, Paket Sahabat Belajar Online bisa didapat dengan harga khusus yaitu Rp 570 ribu untuk 6 bulan, dan Rp 1.000.000 untuk berlangganan 12 bulan.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.