Sukses

Snapdragon 8 Gen 4 Bakal Hadirkan Performa Tinggi, Cek Skor Benchmarknya

Qualcomm dikabarkan bersiap meluncurkan Snapdragon 8 Gen 4, chipset flagship terbaru untuk Android yang disebut akan membawa peningkatan dari generasi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm dikabarkan akan bersiap menghadirkan chipset terbaru, yakni Snapdragon 8 Gen 4. Seperti generasi sebelumnya, chipset ini akan dipakai di HP flagship Android mendatang.

Chipset ini dirumorkan bakal memiliki peningkatan performa signifikan dari generasi sebelumnya. Snapdragon 8 Gen 4 bakal memiliki konfigurasi core prosesor yang berbeda dari seri 8 Gen 3.

Beberapa rumor mengatakan, Snapdragon 8 Gen 4 akan memiliki dua core performa tinggi dan enam core performa menengah yang berbasis fabrikasi 3nm dari TSMC.

Sebelumnya, Qualcomm mengkonfirmasi Snapdragon 8 Gen 4 bakal diluncurkan pada Oktober 2024 mendatang. Ada pula rumor yang menunjukkan kalau smartphone pertama dengan prosesor ini adalah Xiaomi.

Sebagian besar laporan mengatakan chip ini akan memiliki benchmark yang jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Namun, berdasarkan skor benchmark dari purwarupa perangkat yang menggunakan chipset ini, hasilnya ternyata tidak berbeda jauh. 

Kendati demikian leaker Tiongkok Digital Chat Station mengungkapkan, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Jumat (10/5/2024) mengungkapkan kalau purwarupa tersebut hanya menggunakan core efisiensinya saja, tidak termasuk core performa.

Leaker tersebut juga mengklaim, inti dalam chipset Snapdragon terbaru itu berjalan pada kecepatan antara 3,6GHz dan 4,0GHz.

Snapdragon 8 Gen 4 mencatatkan skor Geekbench sekitar 2.700 pada pengujian single-core, dan 10.000 pada pengujian multi-core. Skor tersebut merupakan peningkatan signifikan bila dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 3 di Galaxy S24 Ultra, dengan skor 2.187 and 6.669.

Berdasarkan informasi dari leaker tersebut, kemungkinan Qualcomm masih akan meningkatkan kemampuan dari chipset tersebut, sehingga skor benchmark yang dihasilkan akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

HP Android Asal China yang Pakai Snapdragon 8 Gen 4

Berdasarkan laporan sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 4 dijadwalkan akan debut dalam ajang tahunan Qualcomm tahun ini, yaitu Snapdragon Summit 2024.

Adapun Snapdragon 8 Gen 4 ini akan terpasang di tiga merek ponsel baru yang rilis di awal tahun depan.

Akun media sosial (medsos) X Yogesh Brar menulis, Xiaomi akan menjadi produsen pertama yang akan meluncurkan ponsel dengan chipset baru Qualcomm ini.

Setelah Xiaomi, OnePlus dan iQOO akan menjadi produsen HP Android selanjutnya yang akan meluncurkan ponsel dengan chipset penerus Snapdragon 8 Gen 3 tersebut.

Mengutip unggahan Yogesh Brar (@heyitsyogesh), Kamis (25/4/2024), chipset Snapdragon 8 Gen 4 akan terpasang di Xiaomi 15/15 Pro, OnePlus 13, dan iQOO 13.

Seperti debut Xiaomi 13 sebelumnya, ponsel baru Xiaomi ini akan meluncur pertama kali di pasar China sebelum akhirnya Xiaomi 15 dan 15 Pro rilis secara global.

3 dari 4 halaman

Snapdragon X Plus Resmi Meluncur, Chipset Baru Qualcomm untuk PC dengan Dukungan AI

Sementara itu, Qualcomm mengumumkan model terbaru dari lini Snapdragon X Series yang ditujukan untuk perangkat laptop. Kali ini, perusahaan tersebut meluncurkan Snapdragon X Plus.

Menurut Qualcomm, Snapdragon X Plus dilengkapi dengan CPU Qualcomm Oryon yang memberikan kinerja CPU hingga 37 persen lebih baik, tapi dengan konsumsi daya 54 persen lebih efisien dibandingkan pesaingnya.

Selain itu, chipset ini juga disebut dirancang untuk memenuhi operasional aplikasi berbasis AI on-device dengan Qualcomm Hexagon NPU yang mampu mencapai 45 TOPS. Diklaim Qualcomm, kemampuan ini menjadikannya NPU tercepat di dunia untuk laptop.

"Snapdragon X Plus akan mendukung PC AI-Supercharged, yang memungkinkan lebih banyak pengguna mencapai tujuan komputasinya seiring pesatnya perkembangan dan penerapan AI yang semakin revolusioner," tutur SVP and GM Compute and Gaming Qualcomm Technologies Kedar Kondap dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (26/4/2024).

4 dari 4 halaman

Snapdragon X Plus Bakal Punya Fitur AI

Selain itu, fitur lainnya adalah kemampuan membuat musik di Audacity dengan memakai Riffusion AI secara on-device. Jadi, chipset ini mendukung pembuatan musik baru dari prompt atau musik yang sudah ada sebelumnya.

Terakhir, ada pula subtitle langsung di OBS Studio. Dijelaskan, kemampuannya mampu menerjemahkan secara otomatis 100 bahasa lisan ke dalam rangkaian kata dalam 100 bahasa berbeda memakai Whisper di perangkat.

Rencananya, sejumlah brand akan mulai meluncurkan perangkat yang memakai Snapdragon X Plus pada pertengahan 2024. Tak jauh berbeda, perangkat yang menggunakan Snapdragon X Elite juga akan diperkenalkan di periode yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.