Sukses

Telkomsel Tingkatkan Kualitas Jaringan Internet di Rumah Sakit Darurat Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel  meningkatkan infrastruktur jaringan guna memudahkan akses internet di tiga rumah sakit darurat penanganan Covid-19.

Adapun ketiga lokasi yang dipakai menangani pasien Covid-19 adalah Hotel Patra Comfort Jakarta, Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Peningkatan infrastruktur dilakukan guna memastikan kenyamanan berkomunikasi seluruh petugas kesehatan dan pasien di ketiga rumah sakit darurat itu.

Dalam keterangannya, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, Telkomsel telah melakukan pengecekan langsung di ketiga lokasi bersama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Sejumlah upaya peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah dilakukan Telkomsel antara lain melakukan optimalisasi pemanfaatan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz yang tersedia di seluruh BTS, yang selama ini sudah menjangkau cakupan ketersediaan jaringan broadband di tiga lokasi tersebut," kata Setyanto, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com.

Tidak hanya itu, Telkomsel melakukan penambahan kapasitas jaringan internet 3G dan 4G dari sejumlah BTS Easy Makro sekitar yang menjangkau ketiga lokasi tersebut. Tujuannya untuk memperkuat kualitas jaringan broadband secara menyeluruh.

2 dari 3 halaman

Tambahan Mobile BTS

Selain itu, khusus di lokasi Wisma Atlet Kemayoran dilakukan penambahan infrastruktur jaringan dengan pengoperasian satu unit mobile BTS 4G dengan spektrum 1.800 dan 2.300MHz.

Dengan begitu, diharapkan ada peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur jaringan di tower 1, 3, 4,5, 6, dan 7 Wisma Atlet Kemayoran.

Kini, seluruh aktivitas pengamanan jaringan di tiga lokasi rumah sakit darurat itu telah selesai dan siap dimanfaatkan oleh seluruh pihak.

3 dari 3 halaman

Lonjakan Trafik Data

Bersama itu, Telkomsel juga mengumumkan terjadi lonajakan trafik komunikasi data dan digital hingga 7,3 persen dibanding sebelum diterapkannya imbauan aktivitas di rumah.

Sebelumnya, beberapa hari lalu Telkomsel menyebut, terjadi peningkatan kapasitas data hingga 5 persen.

Adapun trafik data dikontribusi oleh layanan berbasis data mulai dari sistem belajar online (236 persen), gim online (117 persen), layanan pesan instan (19 persen), dan layanan berbasis cloud untuk membantu aplikasi online (18 persen).

(Tin/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Galaxy A51, Si Smartphone Kamera 48MP Harga di Bawah 4,5 Jutaan
Loading
Artikel Selanjutnya
Tokopedia Tutup Ribuan Toko Online yang Jual Mahal Produk Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Cek Informasi Resmi Covid-19 di Seluruh Indonesia Lewat 12 Situs Berikut Ini