Sukses

Warga Indonesia Paling Banyak Internetan Pakai Smartphone Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone menjadi media utama bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses internet. Tercatat, ada 171,17 juta pengguna internet di Indonesia.

Angka ini adalah 64,8 persen dari total penduduk Indonesia yang jumlahnya 264,16 juta jiwa. Hal ini berdasarkan pada survei penetrasi internet yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Menurut survei tersebut, 93,9 persen pengguna internet di Indonesia mengakses lewat smartphone tiap harinya.

Sekretaris Jenderal APJII, Henri Kasyfi Soemartono, memaparkan hasil survei tersebut di Jakarta, Rabu (15/5/2019) malam. Menurutnya, merek smartphone yang paling banyak dipakai orang Indonesia untuk mengakses internet adalah Samsung.

"Smartphone (merek) Samsung dipakai untuk internetan 37,7 persen pengguna di Indonesia. Ini berdasarkan hasil survei," kata Henri.

Masih menurut hasil survei, perangkat lain yang juga banyak dipakai oleh orang Indonesia untuk mengakses internet adalah Oppo sebesar 18 persen serta Xiaomi sebesar 17,7 persen.

Perangkat lainnya yang juga digunakan untuk internet-an adalah merek Vivo sebanyak 7,5 persen, Asus 3,2 persen, Apple 3,1 persen, Lenovo 2,4 persen, Advan 1,5 persen, dan lain-lain.

2 dari 3 halaman

Kamera Smartphone

Henri memaparkan, dari sekian banyak smartphone yang dipakai pengguna internet di Indonesia, rupanya perangkat mereka terbanyak memiliki kamera utama dan kamera selfie dengan resolusi 1-8MP.

Persentase untuk pengguna yang memakai smartphone berkamera depan 1-8MP adalah 68,3 persen. Sementara yang memakai kamera belakang 1-8MP adalah 37 persen.

Selanjutnya, ada juga pengguna perangkat mobile yang berinternetan dengan smartphone berkamera 9-16MP. Persentasenya, kamera depan 9-16MP adalah 13,7 persen dan kamera belakang 9-16MP adalah 35,3 persen.

Tidak sedikit juga pengguna yang memakai perangkat dengan kamera di atas 16MP, yakni kamera depan 16MP sebanyak 2,6 persen serta kamera belakang 16MP sebanyak 4,2 persen.

3 dari 3 halaman

Kecepatan Internet Rata-Rata

Hasil survei APJII juga mencakup tentang rata-rata kecepatan internet yang dipakai orang Indonesia saat internetan.

"4,4 persen pengguna internetan dengan kecepatan lebih dari 10Mbps sampai 20Mbps," kata Henri.

Kemudian, cukup banyak juga pengguna yang internetan dengan kecepatan internet lebih dari 5Mbps hingga 10Mbps.

Ada juga yang masih internetan dengan kecepatan lebih dari 1Mbps hingga 5Mbps (2,1 persen). Sementara pengguna yang internetan dengan kecepatan internet lebih dari 20Mbps hanya sekitar 1,4 persen dari jumlah responden.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Rangkaian Layanan Google Ini Bikin Ramadan dan Mudik Makin Lancar
Artikel Selanjutnya
Saat Internetan, Warga Indonesia Akses Apa Saja?