Sukses

Internet Cepat Rambah Pelosok, Menkominfo Ingatkan Literasi

Liputan6.com, Jakarta - Infrastruktur tulang punggung internet internet cepat Palapa Ring bakal selesai pada pertengahan 2019. Saat itu masyarakat di kabupaten atau kotamadya di seluruh Indonesia bisa merasakan internet cepat untuk mempermudah komunikasi dan kehidupan.

Namun demikian, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berpesan kepada kepala daerah agar melakukan literasi kepada masyarakat yang baru melek internet.

"Pemerintah daerah diminta agar melakukan dua hal, pertama untuk literasi masyarakatnya. Jangan sampai nanti begitu internet cepat masuk, mereka malah melakukan macam-macam," kata Rudiantara di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Selanjutnya, pemerintah daerah juga diminta mengedukasi masyarakatnya agar tidak menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi palsu atau hoaks.

"Manfaatkan media sosial tidak untuk menyebarkan hoaks, kita harus memerangi hoaks," tutur Rudiantara.

Lebih lanjut, dia mengatakan perubahan budaya (culture) saat masuknya internet ke daerah pelosok harus disiapkan lebih dahulu melalui literasi.

"Ini tugas semua pihak, Kemkominfo iya (bertugas) tetapi harus terkoordinasi, di rumah pun juga orangtua harus memberi tahu anak-anaknya (untuk melakukan hal positif dengan internet)," kata Rudiantara.

2 dari 2 halaman

Menkominfo Video Call dengan Bupati dan Nelayan di Daerah 3T

Menkominfo Rudiantara berbicara tentang Palapa Ring di Jakarta, Rabu (20/3/2019). Liputan6.com/ Agustin S. Wardani

Proyek infrastruktur tulang punggung internet pita lebar Palapa Ring dijanjikan bakal selesai dibangun pada pertengahan 2019 ini. Namun demikian, Palapa Ring Barat telah dikomersialisasi dan Tengah sedang dilakukan ujicoba.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) menyelenggarakan uji coba internet cepat Palapa Ring melalui kegiatan video conference dengan sejumlah pimpinan daerah di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) yang kini sudah dijangkau Palapa Ring.

Dalam hal ini, Menkominfo Rudiantara melakukan panggilan video ke Kabupaten Pulau Morotai, Natuna, dan Sorong. Menkominfo juga menyaksikan demo konsultasi medis via video call jaringan internet Palapa Ring antara RSUD Embung Fatimah Batam dengan Rumah Sakit Daerah Ranai Natuna.

Dalam perbincangannya dengan kepala daerah di ketiga kabupaten tersebut, Rudiantara mengatakan, semua sekolah dan fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia dan Morotai akan dihubungkan dengan internet berkecepatan tinggi.

"Untuk satelit kecepatan tinggi pada 2022, proses sudah dilakukan, tetapi konektivitas untuk sekolah, puskesmas, kantor desa, koramil, dan polsek di Kabupaten bisa dimulai sebelum 2022," kata Rudiantara dari Jakarta, Rabu (20/3/2019).

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Tik Tok Bakal Hadirkan Sejumlah Fitur Mirip Instagram
Artikel Selanjutnya
Tips Main Gim di Facebook Messenger yang Patut Kamu Ketahui