Sukses

KoinWorks Buka Pasar Lender Lewat Belasan Ribu Tiket Gratis

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi bagi para pendana dalam partisipasinya untuk mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Startup fintech (financial technology) layanan pinjaman online, KoinWorks, membuka pasar lender (pendana) dengan membagikan belasan ribu tiket bioskop gratis.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi bagi para pendana dalam partisipasinya untuk mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia, dengan bersama-sama menjadi pahlawan finansial bagi para UKM Indonesia dan mereka yang membutuhkan biaya pendidikan.

"Campaign ini kami gelar dalam rangka memberikan apresiasi kepada seluruh pendana di platform kami atas dukungan yang selama ini diberikan dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia," kata CMO KoinWorks Jonathan Bryan dalam keterangannya, Minggu (21/4/2019).

Jonathan menambahkan, bagi yang ingin menjadi pendana cukup memakai fitur KoinRobo bertema Superheroes, sebuah fitur yang dikelola berdasarkan teknologi AI untuk menyalurkan dana pinjaman kepada para peminjam.

Sebelumnya, KoinWorks menargetkan bisa menyalurkan pinjaman hingga Rp 2,3 triliun pada tahun ini. Jumlahnya naik signifikan dibandingkan yang telah dicapai perusahaan selama dua tahun terakhir, sekitar Rp 900 miliar per Maret 2019 dengan NPL 0,44 persen.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melayani 6.000 Peminjam

Sejak dibuka untuk publik pada September 2016, KoinWorks telah melayani 6.000 borrower atau peminjam dari total sekira 80 ribu permohonan pinjaman.

Sementara lender atau pemberi pinjaman ada sebanyak 120 ribu, dan jumlahnya ditargetkan pada tahun ini bisa mencapai 400-450 ribuan.

Dari total 6.000 peminjam, 50 persen di antaranya kembali mengajukan pinjaman.

"Sejak berdiri dua tahun lalu, kami sudah menyalurkan pinjaman Rp 900 miliar, per April ini target kami Rp 1 triliun. Perbulan sekarang sudah sekira Rp 150 miliar, dan target kami tahun ini bisa mencapai Rp 2,3 triliun," ungkap Co-founder dan CEO KoinWorks, Benedicto Haryono di kantor KoinWorks, Jakarta, belum lama ini.

 

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Machine Learning

KoinWorks merupakan perusahaan peminjaman yang melayani pendanaan online P2P Lending dengan machine learning. Perusahaan menghubungkan pemberi pinjaman dengan peminjam dalam sebuah platform.

Pendana dapat mendanai mulai dari Rp 100.000 dan peminjam dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah. KoinWorks saat ini memiliki dua produk utama, Koin Bisnis dan Koin Pendidikan. Mayoritas pinjaman berasal dari Koin Bisnis.

Produk lain adalah Koin Kesehatan. Namun produk ini tidak begitu dipasarkan karena peminatnya yang sedikit.

"Koin Bisnis porsinya 92 persen, dan memang supply chain-nya paling besar. Pendidikan ini sebenarnya menarik juga, tapi dari sisi funding supply belum banyak yang cocok ke sana," tutur Benedicto.

(Isk/Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.