Sukses

Spesifikasi PS5 dan Xbox One Teranyar Bocor di Internet, Pakai RAM 12GB?

Liputan6.com, Jakarta - Selain mengonfirmasi sedang mengembangkan konsol PlayStation 5 dan Xbox One baru, Sony dan Microsoft masih sungkan mengungkap lebih detail tentang perangkat generasi terbaru mereka masing-masing.

Walau banyak beredar rumor, bocoran, dan informasi paten, kedua perusahaan masih belum mengungkap informasi spesifikasi konsol mereka masing-masing.

Beruntung, sejumlah analis dan pengembang mengungkap sedikit demi sedikit informasi tentang PlayStation 5 dan Xbox One terbaru tersebut.

Kabar terkini datang dari direktur teknis studio gim, Cradle Games, Marc-Andre Jutras.

"Saya prediksi PS5 dan Xbox One baru tidak akan menggunakan RAM 16GB. Hal iu dikarenakan kebanyakan gim tidak butuh RAM sebesar itu," ucap Marc-Andre sebagaimana dilansir GamingBolt, Minggu (30/12/2018).

Ia menambahkan, "Kemungkinan besar kedua konsol itu akan menggunakan RAM 8GB atau 12GB. Mereka (Sony dan Microsoft) akan fokus pada peningkatan performa prosesor, jadi tidak mengejukan bila kedua perusahaan memakai Ryzen 2600 atau semacamnya."

 

2 dari 3 halaman

Tingkatkan VRAM di PS5 dan Xbox One baru

E3 2016 akan jadi ajang tepat konsol baru muncul. (Playstation.de)

Lebih lanjut, Marc-Andre mengatakan hal lain yang menurutnya akan berubah dengan konsol baru tersebut.

"Salah satu hal yang berubah adalah, peningkatan dalam hal VRAM. Dengan VRAM yang lebih tinggi, gamer kini dapat memainkan gim 4K dengan lebih maksimal," katanya.

"Saya tidak akan terkejut jika nanti saat diumumkan resmi oleh perusahaan, PS5 memiliki RAM 8GB dan VRAM 8GB."

 

3 dari 3 halaman

Namanya Bukan PS5?

Penampakan konsol PS4 Pro edisi khusus. (Doc: PlayStation)

Berhubungan dengan kabar PS5, tahukah kamu kemungkinan konsol terbaru milik Sony tersebut tidak akan disebut PlayStation 5?

Menurut CEO Sony, Kenichiro Yoshida, di dalam salah satu sesi wawancara dengan Financial Times, timnya di PlayStation akan menggunakan pilihan nama yang unik seperti Xbox untuk konsol barunya.

Yoshida mengatakan, "Pada titik ini, yang bisa saya katakan adalah perlunya memiliki perangkat keras generasi selanjutnya."

Ia menolak berkomentar apakah nama 'PlayStation 5' yang sudah beredar di internet itu akan tetap digunakan atau tidak.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
PlayStation 5 Bakal Dukung 4K dengan Framerate 240 FPS?
Artikel Selanjutnya
Analis: PS5 dan Xbox Scarlett Bakal Rilis pada 2021