Sukses

Dibanderol Rp 21,5 Jutaan, Seperti Apa Jeroan iPhone XS Max?

Baru saja dijual ke pasaran, tim reparasi iFixit sudah membongkar perangkat yang dibanderol cukup mahal itu. iFixit juga mengungkap seperti apa isi jeroan iPhone XS dan iPhone XS.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone XS telah dijual di sejumlah negara, Singapura dan Australia adalah dua di antara negara yang sudah kebagian iPhone XS dan iPhone XS.

Nah, baru saja dijual ke pasaran, tim reparasi iFixit sudah membongkar perangkat yang dibanderol cukup mahal itu. iFixit pun mengungkap seperti apa tampilan dalam iPhone XS dan iPhone XS.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Minggu (23/9/2018), iPhone XS memiliki desain yang serupa dengan iPhone X. Sementara pada iPhone XS yang beda hanya layarnya yang jauh lebih besar.

Meski memiliki layar dan bodi yang serupa dengan iPhone X, Apple memberikan sejumlah perubahan yang dicatat oleh tim iFixit.

Perubahan utama dari iPhone X ke iPhone XS adalah kapasitas daya baterai. Tahun lalu, iPhone X hadir dengan dua sel baterai dengan total daya 2.716mAh.

Sementara, setelah dibongkar oleh iFixit diketahui iPhone XS memiliki sel baterai tunggal dengan bentuk sel L. Kapasitasnya dayanya pun lebih kecil ketimbang iPhone X, hanya 2.659mAh.

Perbedaan baterai iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max (Foto: iFixit)

Meski begitu, sebelumnya Apple mengklaim baterai iPhone XS lebih tahan lama ketimbang iPhone X.

Lain halnya dengan iPhone XS Max yang hadir dengan sistem dua sel baterai seperti pada iPhone XS. Total, kapasitas daya iPhone XS sebesar 3.179mAh.

Sayangnya kapasitas baterai ini masih lumayan jauh lebih kecil ketimbang kapasitas baterai Samsung Galaxy Note 9 (4.000mAh) yang juga memiliki layar besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Seritifikat IP68

Masih menurut iFixit, tim mereka rupanya tidak bisa menemukan bukti ketahanan air dan debu pada iPhone XS ditingkatkan. Padahal menurut Apple, iPhone XS dan iPhone XS Max masing-masing memiliki sertifikat IP68.

Apple juga mencatat pihaknya terus memperbarui sejumlah komponen besutannya, misalnya saja sebuah chip dengan kemampuan manajemen daya yang lebih baik.

 

3 dari 3 halaman

Antena di Bagian Bawah iPhone XS

Perubahan lain yang juga hadir pada iPhone XS dan iPhone XS Max adalah garis antena di bagian bawah perangkat.

Selain itu, tonjolan kamera pada iPhone XS dan iPhone XS Max lebih panjang ketimbang pada iPhone X. Sehingga, kalau kamu ingin mengganti panel luar pada iPhone XS-mu, kemungkinan tidak bisa menggunakan komponen milik iPhone X.

 

Tampilan iPhone XS dan iPhone XS saat dibongkar (Foto: iFixit)

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.