Sukses

Mirip iPhone X, Ini Spesifikasi Duo Asus Zenfone 5

Asus memperkenalkan dua model Zenfone 5 terbaru, seperti apa spesifikasinya?

Liputan6.com, Barcelona - Asus resmi memperkenalkan lini Zenfone 5 di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018.

Perusahaan asal Taiwan tersebut mengumumkan tiga model sekaligus, yakni Zenfone 5, Zenfone 5Z, dan Zenfone 5 Lite.

Dari tiga model tersebut, Zenfone 5 dan Zenfone 5Z berhasil menarik perhatian publik. Alasannya, dua smartphone ini mengusung desain yang begitu mirip dengan iPhone X.

Saat melakukan presentasi, Global Marketing Head Asus Marcel Campos, mengakui smartphone ini memiliki 'notch' atau jidat seperti iPhone X. Namun, ia menyebut notch di Zenfone 5 jauh lebih kecil.

"Berbeda dari merek buah, notch yang ada di Zenfone 5 lebih kecil hingga 26 persen, tapi dilengkapi dengan sensor yang tak berbeda jauh," ujarnya saat peluncuran Zenfone 5 yang juga dihadiri oleh Tekno Liputan6.com.

Sekadar informasi, notch di Zenfone 5 disediakan sebagai tempat untuk LED indicator, proximity/light sensor, receiver, dan kamera depan. Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, aspect ratio Zenfone 5 juga diubah menjadi 19:9.

"Ini pertama kalinya aspect ratio 19:9 hadir. Dengan model ini, notch dipastikan tak akan menghalangi penglihatan pengguna saat melihat video, karena sudah diatur untuk tak sampai menyentuh bagian notch tersebut," tuturnya menjelaskan.

Di kesempatan yang sama, CEO Asus, Jerry Shen menuturkan, smartphone ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang perangkat serupa.

"Harga yang kami tawarkan sangat terjangkau dan menarik bagi setiap orang, berbeda dari perusahaan yang menggunakan logo buah," tuturnya.

Untuk informasi, Chen memang telah mengungkapkan harga Asus Zenfone 5Z di MWC 2018, yakni 479 euro atau sekitar Rp 8 juta. Namun, ia tak membeberkan informasi lebih lanjut mengenai harga dari model lainnnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagi Kemampuan Kamera yang Identik

Secara garis besar, dua smartphone ini sebenarnya berbagi desain dan spesifikasi yang dapat dikatakan mirip. Selain desain yang mirip iPhone X, konfigurasi kamera dua smartphone ini juga identik. 

Baik Zenfone 5Z dan Zenfone memiliki sistem kamera ganda dengan kecerdasan buatan yang mampu menyesuaikan diri, sehingga mampu memberikan hasil foto terbaik.

Dilengkapi sensor Sony IMX63, kamera utama dua smartphone memiliki kamera sekunder wide angle hingga 120 derajat.

Kemampuan kamera ini juga ditunjang dengan optical image stabilization(OIS) dan fitur pengenalan lingkungan berbasis kecerdasan buatan.

"Kamera keduanya hadir dengan AI Scene Detection, sehingga kamera dapat mengoptimalkan hasil tangkapan gambar sesuai dengan kondisi lingkungan," tutur Campos menjelaskan. 

Selain itu, Asus juga menyediakan opsi pengaturan profesional bagi pengguna yang terbiasa memakainya. Campos menuturkan, opsi pengaturan profesional di dua perangkat ini terbilang lengkap. 

"Ada pula AI Photo Learning yang memberikan opsi bagi pengguna untuk menentukan hasil foto yang dirasa paling sesuai. Jadi, fitur ini akan belajar dari kebiasaan pengguna untuk memberikan peningkatan hasil foto yang paling cocok," ujarnya. 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Lengkap Zenfone 5 dan Zenfone 5Z

Sementara dari sisi dapur pacu, dua smartphone dipastikan berbeda. Hadir sebagai perangkat kelas atas, Zenfone 5Z dibekali dengan Snapdragon 845, sedangkan Zenfone 5, Asus memilih Snapdragon 636. 

Untuk menunjang performa, Zenfone 5Z hadir dengan sejumlah opsi penyimpanan memori internal dan RAM, yakni RAM 4GB dan memori internal 64GB, RAM 6GB dan memori internal 128GB, termasuk RAM 8GB dan memori internal 256GB. 

Sementara Zenfone 5 tersedia dalam dua opsi penyimpanan dan RAM, yakni RAM 4G atau 6GB yang dipadukan dengan memori internal 64GB. Keduanya juga sama-sama didukung dengan baterai berkapasitas 3.300mAh. 

Menurut CEO Asus, Jerry Shen, Zenfone 5 merupakan lini Zenfone paling cerdas yang pernah ada. Hal itu dimungkinkan sebab smartphone ini sudah didukung kecerdasan buatan dan analisis big data. 

"ZenFone 5 merupakan seri Zenfone paling cerdas yang pernah ada, dengan memanfaatkan algoritma kecerdasan buatan canggih dan analisis big data untuk memberikan pengalaman terbaik, mulai dari kamera yang lebih cerdas hingga performa," ujar Shen.

Shen mengungkap ketersediaan model Zenfone 5 ini akan bertahap dimulai dari Zenfone 5 Lite pada Maret 2018, disusul Zenfone 5 pada April 2018. Sementara Zenfone 5Z mendapat jadwal peluncuran paling akhir, yaitu Juni 2018.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.