Sukses

Berkenalan dengan Duo Andalan Asus di Lini Zenfone 5

Liputan6.com, Barcelona - Asus telah resmi memperkenalkan tiga varian Zenfone 5 di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018, yakni Zenfone 5Z, Zenfone 5, dan Zenfone 5 Lite. Dalam gelaran ini, perusahaan asal Taiwan itu menjadikan Zenfone 5 dan Zenfone 5 Lite jadi perhatian utama.

Sama seperti beberapa model sebelumnya, dua smartphone sebenarnya ini memiliki desain serupa. Perbedaan hanya terletak dari sisi spesifikasi hardware untuk mendukung performanya. 

"Zenfone 5 dan Zenfone 5Z memiliki layar berukuran 6,2 inci dengan desain bezeless dan aspect ratio 19:9. Kendati demikian, secara keseluruhan, perangkat ini memilki ukuran tak ubahnya perangkat 5,5 inci," tutur Global Marketing Head Asus, Marcel Campos. 

Zenfone 5Z menjadi smartphone pertama Asus yang menggunakan Snapdragon 845 dan sudah dibekali platform kecerdasan buatan. Performa smarpthone ini juga ditunjang RAM 8GB dan memori internal 256GB.

Sementara Zenfone 5 merupakan smartphone yang hadir sebagai perangkat kelas menengah. Karena itu, perangkat ini mengandalkan chipset baru kelas menengah dari Qualcomm, Snapdragon 636, untuk menunjang aktivitasnya.

Tampak belakang Zenfone 5. Liputan6.com/ Pebrianto Eko Wicaksono

"Kami sangat senang bekerja sama dengan Asus untuk menghadirkan kemajuan terbaru di perangkat mobile bagi konsumen melalui jajaran Zenfone 5," tutur President Qualcomm, Cristiano Amon di acara yang juga dihadiri Tekno Liputan6.com tersebut. 

Asus juga membenamkan ASUS AI Boost, fitur yang dapat mengoptimalkan kinerja di Zenfone 5 dan Zenfone 5Z. Fitur ini berguna untuk memastikan perangkat dapat berjalan optimal saat bermain atau melakukan pekerjaan berat lainnya.

1 dari 3 halaman

Dibekali Kamera dengan Kecerdasan Buatan

Untuk fotografi, kedua smartphone memiliki spesifikasi yang serupa. Baik Zenfone 5Z dan Zenfone memiliki sistem kamera ganda dengan kecerdasan buatan yang mampu menyesuaikan diri, sehingga mampu memberikan hasil foto terbaik.

Dilengkapi sensor Sony IMX63, kamera utama dua smartphone ini memiliki kamera sekunder wide angle hingga 120 derajat. Kemampuan kamera ini juga ditunjang dengan optical image stabilization (OIS) dan fitur pengenalan lingkungan berbasis kecerdasan buatan.

"Kamera keduanya hadir dengan AI Scene Detection, sehingga kamera dapat mengoptimalkan hasil tangkapan gambar sesuai dengan kondisi lingkungan," tutur Campos menjelaskan. 

Selain itu, Asus juga menyediakan opsi pengaturan profesional bagi pengguna yang terbiasa memakainya. Campos menuturkan, opsi pengaturan profesional di dua perangkat ini terbilang lengkap. 

"Ada pula AI Photo Learning yang memberikan opsi bagi pengguna untuk menentukan hasil foto yang dirasa paling sesuai. Jadi, fitur ini akan belajar dari kebiasaan pengguna untuk memberikan peningkatan hasil foto yang paling cocok," ujarnya. 

2 dari 3 halaman

Zenfone 5 Jadi Model Paling Cerdas

Menurut CEO Asus, Jerry Shen, Zenfone 5 merupakan lini Zenfone paling cerdas yang pernah ada. Hal itu dimungkinkan sebab smartphone ini sudah didukung kecerdasan buatan dan analisis big data. 

"ZenFone 5 merupakan seri Zenfone paling cerdas yang pernah ada, dengan memanfaatkan algoritma kecerdasan buatan canggih dan analisis big data untuk memberikan pengalaman terbaik, mulai dari kamera yang lebih cerdas hingga performa," ujar Shen.

Shen mengungkap ketersediaan model Zenfone 5 ini akan bertahap dimulai dari Zenfone 5 Lite pada Maret 2018, disusul Zenfone 5 pada April 2018. Sementara Zenfone 5Z mendapat jadwal peluncuran paling akhir, yaitu Juni 2018.

Sayangnya, Asus tak mengungkap harga dari seluruh model Zenfone 5 yang diperkenalkan. Chen hanya mengumumkan harga Zenfone 5Z yang dibanderol mulai 479 euro atau sekitar Rp 8 juta. 

Selain memperkenalkan tiga seri Zenfone 5, Asus juga memamerkan smartphone Zenfone Max (M1) terbaru dan laptop Asus NovaGo di dalam area demo boot Asus di MWC 2018.

(Pebrianto Eko Wicaksono/Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:  

Artikel Selanjutnya
Zenfone 5 Lite, Smartphone Anyar dari Asus dengan 4 Kamera
Artikel Selanjutnya
Asus Geber 3 Model Zenfone 5 di MWC 2018