Sukses

Jutaan Pengguna Keluhkan Instagram dan Facebook Sempat Eror

Liputan6.com, Jakarta - Instagram sempat mengalami eror beberapa belas jam lalu. Sebagaimana dikutip dari laman The Independent, Jumat (26/1/2018), pengguna aplikasi berbagi foto dan video singkat itu mengeluhkan erornya Instagram.

Pengguna melaporkan bahwa mereka tidak bisa me-refresh, baik layanan pesan maupun feed-nya di Instagram. Para pengguna juga mendapatkan notifikasi yang menyebut layanan pesan Instagram mereka sedang eror.

Tidak hanya itu, pengguna Facebook juga melaporkan mereka tidak bisa mengunggah apa pun, termasuk memberi like, komentar, atau membagikan unggahan milik pengguna lain.

Sejumlah pengguna yang mencoba masuk ke akun Facebook mengaku melihat pesan bertuliskan "Facebook akan segera kembali".

"Facebook sedang down untuk maintenance saat ini. Kamu bisa kembali dalam beberapa menit lagi. Terima kasih atas kesabaran Anda selagi kami meningkatkan situs," demikian tertulis pada Facebook.

Setidaknya, 43 persen pengguna Facebook melaporkan masalah pada laman Facebook mengaku bahwa akun Facebook mereka benar-benar tak bisa diakses. Demikian berdasarkan penelusuran lewat laman pendeteksi status down di sebuah situs, Down Detector.

Pantauan dari Down Detector yang melacak jejak eror Facebook di seluruh dunia menyebutkan kondisi eror yang dihadapi Instagram dan Facebook mayoritas dialami pengguna di Amerika Serikat.

1 dari 3 halaman

Keluhan Pengguna

Keluhan pengguna Instagram dan Facebook atas erornya kedua jejaring sosial raksasa itu pun diunggah di Twitter.

Jurnalis The Next Web sekaligus pengguna Facebook Matt Navarra sempat mengunggah hasil tangkapan layar yang memperlihatkan laman Facebook error.

Seorang pengguna Twitter bahkan sempat mengeluhkan, gara-gara Instagram dan Facebook eror, dirinya merasa terisolasi dari dunia.

2 dari 3 halaman

Sempat Down Pada Agustus 2017

Pada Agustus 2017, Facebook juga sempat mengalami down di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. 

Saat itu, situs Facebook dan Instagram dilaporkan tak bisa diakses melalui web browser.

Warganet yang mengeluhkan Instagram dan Facebook down pun berasal dari berbagai negara, mulai dari Amerika Serikat, sejumlah negara Eropa, Indonesia, Australia, India, Jepang, hingga Brasil.

Di Indonesia, warganet mengeluh melalui Twitter sekitar 14 jam lalu, atau bertepatan dengan laga pertandingan semifinal sepak bola Sea Games Indonesia melawan Malaysia.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Maria Ozawa Bikin Heboh Pengguna Instagram, Kenapa?
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Tips Cegah Komentar Spam di Instagram