Sukses

Tim Cook Sebut Temukan iPhone di Lukisan Tahun 1670, Kok Bisa?

Liputan6.com, Amsterdam - CEO Apple Tim Cook mengaku pernah melihat gambar iPhone pada sebuah lukisan yang dilukis pada 1670. Benarkah?

Kisah ini bermula dari salah satu jurnalis The Next Web bernama Boris Veldhuijzen van Zanten yang mewawancarai Cook di acara Startup Fest Europe di Amsterdam. Cook bercerita banyak hal, tetapi ada satu yang cukup menarik perhatian Van Zanten.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari The Next Web, Kamis (26/5/2016), dalam wawancara itu Cook bercerita, malam sebelumnya ia ditemani oleh mantan Komisioner Eropa untuk Digital Agenda Neelie Kroes mengunjungi Rijksmuseum di Amsterdam.

Neelie Kroes kepada Van Zanten bercerita, "Pada satu titik Tim bergegas menghampiri saya dan memberi tahu bahwa ia menemukan sebuah lukisan yang di dalamnya terdapat sebuah gambar iPhone.".

Kroes melanjutkan, Cook kemudian menggandeng tangannya dan menunjukkan lukisan Rembrandt yang di dalamnya tampak seseorang sedang memegangi ponsel iPhone.

Kemudian, Tim melanjutkan ceritanya. "Saya selalu berpikir, saya mengetahui kapan iPhone ditemukan, namun kini saya tak lagi yakin," ujar Cook.

Inilah lukisan tahun 1670 yang memunculkan sebuah iPhone (Sumber: The Next Web).
Kemudian, Neelie menunjukkan kepada hadirin sebuah foto yang dijepret menggunakan iPhone miliknya. Foto tersebut agak blur sehingga tak jelas apakah lukisan itu benar-benar menampilkan iPhone di dalamnya.

Namun, ketika Van Zanten pulang, ia mencari lukisan yang dimaksud ke laman milik Rijksmuseum. Ia mencari dengan kata kunci 'Rembrandts' kemudian mengklik 'Search'.

Apa yang terjadi? Van Zanten menemukan koleksi sebanyak 2.304 lukisan Rembrandts yang tersebar di 192 halaman. Namun, tak satu pun dari lukisan itu yang dimaksud oleh Cook.

Setelah mencari-cari di laman Rijksmuseum, ia menemukan apa yang dimaksud oleh Cook. Rupanya lukisan tersebut merupakan karya Pieter de Hooch yang berjudul 'Man Handing a Letter to a Woman in the Entrance Hall of a House'.

Dalam sebuah foto lawas itu, tampak seorang lelaki yang kelihatan mengenakan gaun sedang memegang sebuah benda. Rupanya, benda yang dimaksudkan Cook sebagai iPhone adalah sepucuk surat. Namun, benda yang dibawanya memang lebih terlihat seperti sebuah iPhone 6 gold daripada sepucuk surat.

Bagaimana menurut Anda?

(Tin/Why)