Sukses

Peringati HUT ke-78 PMI, Khofifah Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Donor Darah

Khofifah mendorong masyarakat untuk menolong sesama dengan aktif melakukan donor darah. Dirinya juga beharap agar sularelawan pendonor darah di Jatim bertambah.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan semangat donor darah di masyarakat harus terus digaungkan agar memahami manfaat berdonor dengan sukarela.

Hal itu disampaikan Khofifah saat memperingati peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Palang Merah Indonesia (PMI) di Surabaya, Minggu (17/9/2023).

"Mari kita lakukan yang bermanfaat bagi yang lain. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Selamat HUT Palang Merah Indonesia, teruslah berkarya untuk sesama dan bangsa," ujarnya di Surabaya, dilansir dari Antara, Minggu (17/9/2023).

Khofifah mendorong masyarakat untuk menolong sesama dengan aktif melakukan donor darah. Dirinya juga beharap agar sularelawan pendonor darah di Jatim bertambah.

"Kami berharap sukarelawan pendonor darah di Jatim bisa semakin bertambah. Dengan begitu stok darah bisa tetap aman dan dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," ucapnya.

Berdasarkan data PMI Jatim tahun 2022, terdapat total 545.254 kantong darah yang telah disumbangkan pendonor. Jika dilihat dari jenis kelamin pendonor didapat angka untuk pendonor laki-laki sebanyak 376.774 pendonor dan 168.480 pendonor wanita.

Untuk donasi darah, terdapat kelompok umur 17 tahun sebanyak 12.147 orang, kelompok umur 18-24 tahun ada 98.327 pendonor. Selain itu umur 25-44 tahun jumlah pendonornya 267.264 orang.

Kemudian, pendonor dengan usia 45-64 tahun terdapat 160.372 orang pendonor. Serta pendonor di atas usia 65 tahun sebanyak 7.144 orang

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepekaan Lingkungan

Khofifah juga mengajak masyarakat untuk membangun kepekaan sosial dan kepedulian terhadap lingkungan. Terlebih saat ini dunia sedang dihadapkan pada masalah perubahan iklim yang semakin nyata berdampak terhadap kemanusiaan.

"Di tengah ancaman perubahan iklim saat ini, PMI telah lama terlibat dalam tanggap darurat bencana. Untuk itu, di momentum HUT PMI kali ini, mari ikut melakukan kegiatan adaptasi perubahan iklim dan berkomitmen menjadi bagian dari solusi untuk bumi yang lebih baik," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.