Sukses

Rutan Kelas IIB Situbondo Dinobatkan Sebagai Rutan Terbaik Kedua Se-Indonesia

Indikator penilaian di antaranya terkait pembinaan yang dilakukan, bentuk pelayanan, kondisi kantor, dan kondisi dapur, serta pelayanan kesehatan atau klinik yang ada di Rutan, dan lainnya.

Liputan6.com, Situbondo - Kementerian Hukum dan HAM menobatkan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo menjadi Rutan Terbaik kedua se-Indonesia pada peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 Tahun 2023.

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan mengemukakan bahwa dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan sejak Februari 2023 Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan lomba unit pelaksana teknis terbaik yang terdiri dari kategori Lapas, Rutan, LPKA, Bapas, dan Rupbasan di seluruh Indonesia.

"Tidak mudah untuk meraih penghargaan sebagai Rutan terbaik se-Indonesia, karena butuh komitmen yang tinggi, mengingat yang dibina adalah orang bermasalah. Pasti dinamika dalam menjalankan tugas butuh komitmen yang tinggi," ujar Rudi di Situbondo, dilansir dari Antara, Kamis (4/5/2023).

Menurut dia, indikator penilaian di antaranya terkait pembinaan yang dilakukan, bentuk pelayanan, kondisi kantor, dan kondisi dapur, serta pelayanan kesehatan atau klinik yang ada di Rutan, dan lainnya.

"Ini menjadi capaian yang luar biasa, karena persaingan perlombaan sangat ketat. Tentunya penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi kami untuk terus mengukir prestasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya kepada warga binaan," tuturnya.

Informasi dihimpun, Rudi Kristiawan juga pernah menyabet penghargaan sebagai UPT Terbaik Nomor 1 saat menakhodai Runah Tahanan Negara Padang Panjang 2021-2022 di jajaran Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat.

"Prinsip saya, di mana saya bekerja harus ada yang berubah lebih baik dan berwarna. Kami berusaha bekerja memberikan yang terbaik," ujar Rudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.