Sukses

Pelabuhan Jangkar Situbondo Mulai Padat Penumpang Arus Balik dari Madura

Kedatangan penumpang dari sejumlah kepulauan Madura di Pelabuhan Jangkar Situbondo hari ini Rabu (26/4/2023) terpantau mulai ramai.

Liputan6.com, Situbondo - Pelabuhan Jangkar Situbondo mulai dipadati penumpang arus balik dari sejumlah wilayah Madura.

Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Wilayah Kerja Jangkar Situbondo Tri Wahyono mengatakan, sejak Selasa malam (25/4/2023), warga Pulau Raas Kabupaten Sumenep Madura, mulai balik setelah berlebaran di kampung halamannya.

“Pada hari ini KMP Dharma Kartika dari Pulau Raas ke Pelabuhan Jangkar mengangkut sebanyak 394 penumpang,” ujarnya, Rabu (26/4/2023).

Tri Wahyono merinci dari sebanyak 394 penumpang dari Pulau Raas itu terdiri atas 232 penunpang laki-laki dan 163 penumpang perempuan.

Arus balik di penyeberangan Situbondo-Madura mulai terjadi pada hari ini dan diperkirakan arus balik berlangsung hingga 30 April 2023.

“Karena dari catatan kami, saat arus mudik sejak H-15 Lebaran 2023 tercatat sebanyak sekitar 9.000 orang warga Pulau Raas menyeberang melalui Pelabuhan Jangkar,” tuturnya.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan warga Pulau Raas yang akan kembali bekerja ke Pulau Bali menyeberang melalui Pelabuhan Kalianget Sumenep.

“Perkiraan kami ada sebagian warga Pulau Raas yang akan kembali bekerja ke Pulau Jawa dan Pulau Bali menyeberang melalui Pelabuhan Kalianget,” tambah Tri Wahyono.

Hingga kini, otoritas pelabuhan penyeberangan Situbondo-Madura belum menambah trip pelayanan kapal feri karena belum terjadi lonjakan signifikan pada arus balik.

“Sampai saat ini belum menambah jadwal trip pelayanan dan masih menggunakan jadwal Keberangkatan kapal regular,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.