Sukses

710 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Mojokerto Siap Berangkat ke Mekkah

Usai mengikuti manasik haji, lanjut Barozi, para calon haji akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni proses kelengkapan vaksinasi. Selain mendorong vaksinasi COVID-19, Kemenag Kabupaten Mojokerto juga akan melakukan vaksinasi meningitis.

Liputan6.com, Mojokerto - Sebanyak 710 calon jemaah haji 2022 asal Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah untuk menjalani ibadah haji 2022.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto Barozi mengatakan dalam pekan ini pihaknya mulai melakukan manasik haji untuk para calon itu.

"Kementerian Agama (Kemang) Kabupaten Mojokerto menggelar manasik haji yang akan diikuti 710 orang calon haji (calhaj) asal Kabupaten Mojokerto," katanya, Selasa (24/5/2022), dilansir dari Antara.

Ia mengatakan manasik haji bakal berlangsung pada pekan ini. "Jadwal manasik haji se-Kabupaten Mojokerto akan dilaksanakan 29 sampai 30 Mei 2022," katanya.

Ia mengatakan manasik tingkat kecamatan akan berlangsung mulai 31 Mei hingga 3 Juni 2022. "Manasik ini kami bagi dua tipe, yang se-Kabupaten Mojokerto ini semua ikut dan yang di kecamatan ini nanti sifatnya pendalaman," katanya.

Setelah melangsungkan manasik haji tingkat Kabupaten Mojokerto, Barozi menyampaikan manasik haji tingkat kecamatan juga akan berlangsung empat kali pertemuan di masing-masing titik.

“Kami alokasikan nanti dilakukan di kecamatan-kecamatan. Jadi, nanti untuk kecamatan yang jumlah jamaahnya sedikit akan digabung dengan kecamatan terdekat. Sehingga nanti per titiknya dapat empat paket pertemuan manasik," katanya.

Usai mengikuti manasik haji, lanjut Barozi, para calon haji akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni proses kelengkapan vaksinasi. Selain mendorong vaksinasi COVID-19, Kemenag Kabupaten Mojokerto juga akan melakukan vaksinasi meningitis.

“Setelah manasik ini nanti, para calon haji ini akan kami dorong untuk melengkapi vaksin-vaksin, vaksin COVID-19, baik yang sudah vaksin dosis dua ataupun yang penguat. Kemudian vaksin yang penting untuk jemaah haji ini vaksin meningitis itu nanti kami akan bekerja sama dengan dinkes untuk vaksin ini," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Keputusan Kemenag

Menurut dia, jika calon haji telah menerima vaksin lengkap hingga vaksin meningitis, selanjutnya Kemenag Kabupaten Mojokerto akan melakukan sosialisasi terkait jadwal masuk asrama haji serta tata cara keberangkatan.

"Setelah itu (vaksinasi) baru nanti akan kami sosialisasikan jadwal masuk asramanya kapan, kemudian tata cara penerbangan barang apa saja yang boleh dibawa dan tidak semuanya akan kami sosialisasikan secara rinci,” katanya.

Barozi menambahkan, saat ini pihaknya sedang menanti hasil akhir dari Kemenag RI terkait jumlah pasti jemaah haji asal Kabupaten Mojokerto yang akan berangkat pada 2022.

"Jamaah kami ada 710 ini sudah fix. Nah di cadangan, ada 24 orang, ini sedang kami ajukan ke pusat. Kalau misal dikabulkan, jamaah kita menjadi 710 ditambah 24," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.