Sukses

One Piece dan Daftar Manga Terlaris Sepanjang 2013

Apa saja manga populer yang menarik minat pembaca di Indonesia dan dunia pada umumnya sepanjang tahun ini?

Para peminat manga atau komik Jepang hingga kini semakin membludak, oleh karena generasinya yang terus bertambah. Bahkan, judul-judul yang ada memang sangat banyak dan semakin menarik untuk diikuti. Terutama, jika ceritanya menantang untuk dibaca dan berbeda dengan yang lainnya.

Selama bertahun-tahun, beberapa judul manga yang muncul tidak hanya laris di Jepang, namun juga di negara-negara lain. Salah satunya adalah Indonesia. Meski tidak semua judul manga sudah diterjemahkan, namun banyak yang sudah diubah ke bahasa Indonesia dan masih laris hingga kini.

Lantas, apa saja manga populer yang menarik minat pembaca pada umumnya sepanjang tahun ini? Berikut kami tampilkan judul-judul yang sukses melesat di Indonesia dan dunia pada 2013 berdasarkan tangga manga Oricon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman


1. One Piece

Manga One Piece memang tak perlu ditanyakan lagi. Petualangan Luffy, dan kawan-kawannya demi bisa menjadi raja bajak laut ini memang sangat menarik untuk dibaca sejak awal edisi.

Selama 2013 ini, One Piece laris manis semenjak merilis edisi ke-69 pada Februari lalu. Judul yang dikarang oleh Eiichora Oda ini berhasil menjual sebanyak 18,1 juta kopi pada tahun ini.

Hebatnya, One Piece sukses menjual tinggi keempat nomornya pada 2013 sejak jilid ke-69 hingga yang ke-72. Bahkan, semenjak volume ke-72 dirilis, One Piece berhasil menggapai angka 30 juta kopi. Di Indonesia, manga ini baru akan memasuki edisi ke-68.
3 dari 6 halaman


2. Attack on Titan

Saat ini, tak ada judul baru selain Attack on Titan yang bisa membuat para pecinta manga klasik maupun modern terkesima. Sejak diterbitkannya volume ke-10 pada 2013, manga karangan Hajime Isayama ini semakin populer.

Tak hanya volume ke-10 saja yang laris. Di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, penjualan jilid pertama pun laris manis seiring bertambah banyaknya para penggemar baru.

Bahkan, penjualan Attack on Titan di Indonesia tergolong sangat laris. Manga ini sempat habis dengan cepat dan didistribusikan kembali di banyak toko buku pada beberapa bulan lalu.
4 dari 6 halaman


3. Kuroko's Basketball

Mengangkat tema bola basket, Kuroko's Basketball menjadi sebuah judul yang sangat patut untuk dikoleksi oleh para pembaca manga. Semenjak edisi ke-21, Kuroko's Basketball berhasil ikut mendominasi penjualan manga selama 2013.

Dikarang oleh Tadatoshi Fujimaki, Kuroko's Basketball mengetengahkan sosok pemain basket junior bernama Kuroko Tetsuya. Pembaca manga di seluruh dunia pun banyak yang menyukai judul satu ini.

Hebatnya, Kuroko's Basketball menjadi satu-satunya manga bejenis olahraga bola basket yang mendominasi penjualan selama 2013 ini hingga jilid ke-24.
5 dari 6 halaman


4. Magi: The Labyrinth of Magic

Terinspirasi dunia sihir dan 1001 malam, Magi menawarkan cerita yang cukup unik. Penjualan manga ini cukup dominan selama 2013 sejak terbitnya edisi ke-16.

Magi yang diciptakan oleh Shinobu Ohtaka ini membawa para pembaca ke sebuah negeri antah berantah ala Timur Tengah. Salah satu pengamat menganjurkan para pembaca manga pria agar mengikuti judul satu ini.

Sepanjang 2013, Magi: The Labyrinth of Magic sukses menelurkan tiga edisi, yaitu sejak jilid ke-16 hingga ke-18.
6 dari 6 halaman


5. Naruto

Naruto bisa dibilang sebagai saingan utama One Piece meski selama 2013 ini penjualannya jauh di bawah saingannya itu. Bahkan, Naruto nama tidak secemerlang Attack on Titan belakangan ini.

Akan tetapi, manga karangan Masashi Kishimoto ini berhasil menempati tempat yang cukup tinggi dalam jajaran penjualan Oricon sejak jilidnya yang ke-64.

Sepanjang 2013, penjualan manga bertema ninja yang ingin menjadi pemimpin tertinggi ini sudah mencakup tiga edisi. Jilid ke-66 adalah yang paling baru dirilis di negara asalnya.

Kabarnya, sebentar lagi Naruto akan memasuki masa akhir cerita. Tentu saja ini bakal menjadi suatu kehilangan tersendiri bagi para penggemarnya.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini