Sukses

Program Saurans Berhenti Tayang Usai Ditegur KPI karena Hadirkan Rayyanza

KPI Pusat melayangkan teguran untuk dua episode program Saurans yang tayang di awal Ramadhan lantaran menghadirkan Rayyanza.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI memberi terguran tertulis kepada program acara sahur yang dipandu oleh keluarga Raffi Ahmad, SauRans. Gara-gara itu, kini program acara tersebut berhenti tayang lebih cepat dari seharusnya.

Melalui akun Instagram resminya, KPI Pusat melayangkan teguran untuk dua episode program Saurans yang tayang di awal Ramadhan lantaran menghadirkan Rayyanza Malik Ahmad yang masih berusia 2 tahun.

"Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memutuskan memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis kepada dua program siaran," tulis pengelola Instagram @kpipusat pada Kamis (4/4/2024).

"Pertama pada program siaran “SauRans di NET TV” tayangan yang disiarkan pada tanggal 13-14 Maret 2024 mulai pukul 03.49 WIB dengan klasifikasi R13, namun secara langsung menampilkan anak di bawah umur," sambungnya.

Setelah teguran dilayangkan, program acara sahur itu mau tak mau harus berhenti tayang sejak Rabu (3/4/2024). Acara tersebut semestinya tayang hingga hari terakhir Ramadhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Ngantuk Diajak Syuting

Tidak sedikit warganet yang setuju dengan tindakan tegas KPI memberi teguran untuk program acara tersebut. Mereka menilai tidak semestinya anak sekecil Rayyanza ditampilkan di program acara yang tayang pada subuh hari dengan klasifikasi R13.

"Aneh juga sih, bocil masih ngantuk gitu di ajak syuting," kata salah stau netizen di kolom komentar unggahan KPI.

"Pernah sekali nonton saurans itu pas awal2... Liat anaknya nahan kantuk kepikiran koq kasian ya... Tapi mungkin pas kebetulan anaknya bangun trus ikut syuting atau gimana," ujar warganet lain.

"Mantap Kpi jangan biarkan orangtua mengeksploitasi anaknya yg msh kecil," tambah yang lainnya.

3 dari 4 halaman

Kemunculan Rayyanza di Saurans 2024

Diberitakan sebelumnya, sama seperti Ramadhan tahun lalu, tahun ini pun Rayyanza Malik Ahmad alias Cipung kembali muncul dalam program acara sahur yang dibintangi oleh ayah dan ibunya.

Program acara sahur ini tayang di salah satu televisi swasta sejak dini hari sampai azan subuh berkumandang. Anak berusia 2 tahun tersebut muncul dalam salah satu segmen dalam kondisi masih mengantuk.

4 dari 4 halaman

Sempat Dikritisi Warganet

Sambil duduk di pangkuan pengasuhnya, Rayyanza sudah mengenakan baju gamis putih lengkap dengan sorban. Dengan wajah mengantuk, dia bersandar kepada pengasuhnya. Potongan kemunculan Rayyanza di program acara sahur ini kembali viral di X.

Warganet menulis beragam reaksi soal keputusan Raffi dan Nagita yang melibatkan Rayyanza di program acara sahur, di waktu anak seusianya masih tertidur nyenyak. Warganet menyinggung soal eksploitasi anak yang tidak seharusnya dinormalisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.