Sukses

Gandhi Fernando Sabar 8 Tahun Cari Jadwal Tayang Zodiac: Apa Bintangmu?, Tak Kapok Memproduksi Film

Aktor Gandhi Fernando menceritakan jalan terjal filmnya, Zodiac: Apa Bintangmu? selama 8 tahun mencari tanggal rilis dan platform tayang yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Selain aktor, Gandhi Fernando dikenal sebagai produser film. Sejumlah film diproduksinya di bawah payung Renee Pictures dari Tuyul Part 1, Mantan, Midnight Show hingga Dongeng Mistis.

Tahun ini, salah satu filmnya, Zodiac: Apa Bintangmu? akhirnya menemukan tanggal rilis dan “rumah” yang pas yakni platform streaming Prime Video. Gandhi Fernando menarik napas lega.

Masih segar dalam ingatannya sekitar sewindu lalu syuting film beruntun termasuk Zodiac: Apa Bintangmu? yang dibintangi Enzy Storia. Dari proyek satu ke yang lain hanya jeda tiga bulan. Masalahnya, mencari tanggal tayang di bioskop tak gampang.

Kala itu, Renee Pictures baru mampu menayangkan satu film di bioskop per tahun. Gandhi Fernando mesti bersiasat film mana yang mesti didahulukan tayang di bioskop berdasarkan potensi dan selera penonton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumah Produksiku Tergolong Baru

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, baru-baru ini, Gandhi Fernando menjelaskan, film Zodiac: Apa Bintangmu? mesti bersabar lantaran didahului oleh “adik-adiknya” yang lebih dulu bisa tayang di bioskop.

“Rumah produksiku tergolong baru. Kalau merilis film dan pengin mencapai jumlah penonton yang gue inginkan, biaya promosi harus sama dengan bujet produksi. Zodiac: Apa Bintangmu? untuk mencapai BEP termasuk promosi harus mendapat 300 ribuan penonton,” katanya.  

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

300 Ribuan Penonton

“Untuk film non-horor, 300 ribu penonton itu cukup berat. Sempat mau diambil Pak Parwez filmnya, oleh rumah produksi Starvision. Pak Parwez yang ngasih judul jadi Zodiac: Apa Bintangmu? Judul aslinya, tuh Zodiac Theory,” Gandhi Fernando mengenang.

Wajar jika ia lega kala Zodiac: Apa Bintangmu? beroleh rumah baru dan jadwal rilis, mengingat prosesnya panjang yakni 8 tahun. Penantian ini berbuah manis. Pasalnya, Zodiac: Apa Bintangmu? memuncaki daftar film paling banyak ditonton selama sepekan.

 

4 dari 4 halaman

8 Tahun Menanti

“Sebenarnya kalau dari proses penulisan dan ide itu 12,5 tahun lalu. Dari pertama memulai proses produksi sampai tayang tuh 8 tahun. Tapi 8 tahun enggak setiap hari kerja. Bahkan ada momen satu tahun itu film enggak gue sentuh sama sekali,” paparnya panjang.

Jalan terjal mencari jadwal rilis tak membuat Gandhi Fernando kapok memproduksi film. Dalam waktu dekat, ia akan berkolaborasi dengan 4 rumah produksi lain untuk melahirkan karya baru. Gandhi Fernando mengaku Zodiack: Apa Bintangmu? memberi banyak pelajaran berharga.

“Itu aku belajar. Bahwa saat bikin film mesti memperhatikan segmen yang mau disasar, memformulasikan tayang di mana, strateginya mau berapa lama dan sebagainya. Ke depan kalau mau memproduksi film, gue tahu ini buat siapa,” Gandhi Fernando menyimpulkan.

Bukan berarti, Gandhi Fernando akan mundur ke belakang layar sepenuhnya. “Aku akan main di film Anwar The Untold Story karya Viva Westi. Aku main di film LDR dengan pemeran utama Yuki Kato. Dan ada satu film horor yang dijadwalkan tayang Janurari 2023,” tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini