Sukses

Marie Kondo Sang Ratu Beres-Beres Ngaku Rumahnya Kini Berantakan, Menyerah demi Nikmati Hidup

Meski rumahnya berantakan, Marie Kondo merasa hal ini adalah kondisi yang tepat dalam hidupnya saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun terakhir, nama Marie Kondo mendunia sebagai ikon beres-beres rumah. Lewat tayangan Netflix Sparking Joy dan Tidying Up with Marie Kondo, publik makin semangat resik-resik dengan metode KonMari.

Kini ia kembali meluncurkan buku tentang seni merapikan rumah, bertajuk Marie Kondo’s Kurashi at Home: How to Organize Your Space and Achieve Your Ideal Life. Namun dalam webinar untuk mempromosikan buku terbarunya ini, ia justru mengaku rumahnya sedang tak rapi.

“Rumahku berantakan,” kata dia, seperti dilansir dari Variety, Minggu (29/1/2023).

Rupanya, hal ini terjadi setelah Marie Kondo melahirkan anak ketiganya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalan yang Tepat

Meski kondisi rumahnya berkebalikan dengan profesinya, Marie Kondo merasa ini adalah jalan yang memang harus ia ambil.

“Rumahku berantakan, tapi aku menghabiskan waktuku dengan jalan yang tepat dalam fase kehidupanku saat ini,” tutur wanita 38 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Terpenting untuk Anak

Menjaga rumah tetap rapi dengan tiga orang anak kecil yang tinggal di dalamnya, tentu bukan hal mudah.

“Sampai sekarang, saya adalah seorang profesional dalam hal kerapian, jadi aku berusaha sekuat tenaga menjaga agar rumahku rapi sepanjang waktu. Aku bisa dibilang sudah menyerah melakukannya, tapi aku menganggapnya sebagai hal baik,” kata dia.

Ia menambahkan, “Sekarang aku sadar, yang terpenting bagiku adalah menikmati waktu yang kuhabiskan bersama anak-anakku di rumah,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Rapi-Rapi Mental

Dalam tayangan Netflix yang dibintanginya, Marie Kondo membantu sejumlah keluarga yang kesulitan menjaga rumahnya tetap rapi. Ia sekaligus juga memberi tips menjaga rumah tetap teratur, mulai dari cara memilah barang yang membuat hati riang alias sparking joy hingga melipat pakaian.

Pesan serupa juga disampaikan dalam buku terbarunya ini. Tak cuma merapikan rumah, Marie Kondo juga menekankan pentingnya “bersih-bersih mental.”

“Rapi-rapi bermakna menangani segala ‘hal’ dalam hidupmu. Jadi bagaimana kamu ingin menatanya?” tulis Marie Kondo di bukunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.