Sukses

Aji Yusman Beber Alasan Tidak Gunakan BPJS atau Asuransi untuk Urusan Kesehatan Keluarganya

Aji Yusman berpendapat bahwa pengguna BPJS mendapat penanganan yang berbeda dibanding dengan pasien yang menggunakan biaya mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Aktor pemeran Aldi dalam sinetron Inikah Rasanya yaitu Aji Yusman, saat ini sedang mengalami kesulitan finansial. Ia bahkan tak mampu membiayai operasi caesar untuk mengeluarkan jenazah buah hati keempatnya dari kandungan sang istri.

Aji Yusman kemudian membuka donasi untuk meringankan biaya rumah sakit. Dari situ, banyak yang kemudian penasaran mengapa Aji Yusman bisa sampai terpuruk secara finansial.

Aji Yusman kemudian menjelaskan bahwa kondisinya finansialnya tidak serta merta langsung terpuruk hanya karena satu kejadian saja. Melainkan lewat beberapa ujian yang datang secara berturut-turut mulai dari sang ayah yang menderita kanker, anak ketiganya yang masuk rumah sakit, dan lain sebagainya.

"Jadi memang orang yang komen di Instagram, dia nggak relate dengan kondisi ini. Jadi kejadian kita ini beruntun, nggak dengan kejadian ini kita langsung abis," kata Aji Yusman saat ditemui wartawan di kediamannya pada Kamis (12/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asuransi

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah Aji Yusman tidak punya asuransi atau BPJS untuk keluarganya? Untuk asuransi, Aji Yusman punya alasan tersendiri mengapa ia tidak pernah mengikuti program asuransi.

"Kalau misalkan ada yang ngajak saya masuk asuransi untuk istri dan anak saya, saya menolak keras asuransi karena ada pandangan sendiri. Kalau emang harta saya habis, mungkin memang bukan hak saya di situ. Kalau nanti berpulang ke Allah ada harta lebih (dari asuransi), itu berat tanggung jawabnya, kalau habis memang habis sudah," jelas Aji Yusman.

 

3 dari 4 halaman

Beda Penanganan

Sementara untuk masalah BPJS, Aji Yusman tak mau menggunakannya karena punya pengalaman kurang mengenakkan. Ia berpendapat bahwa pengguna BPJS mendapat penanganan yang berbeda dibanding dengan pasien yang menggunakan biaya mandiri.

"Ini saya bicara dari pandangan saya sendiri. Pengalaman saya sendiri. Kalau memang ada yang bertolak bekakang dari pengalaman dan apa yang dirasakan kan masing-masing orang, cuma yang saya lihat bedanya penanganan seseorang menggunakan BPJS dengan independen/individu penangananya saangat jauh beda sekali," beber Aji Yusman.

 

4 dari 4 halaman

Pengalaman Pribadi

Sekali lagi, ini merupakan pandangannya sendiri berdasarkan dengan pengalaman yang ia rasakan. Ia merasakan perbedaan itu saat mengurus sang kakek.

"Makanya kalau mislakan ada orang-orang yang berpengaruh dalam instansi itu, boleh kita mekakukan cross check sampai bener-bener ke bawah. Pelayananya bagus diterapkan gak? Contoh ini kasus saya pribadi. Ada orang waktu itu sangat butuh pertolongan, kakek saya ya tapi ketika bilang ya udah kita independen (mandiri) langsung ditangani," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.