Sukses

Konser Rapsodia Nusantara Memperingati HUT RI Digelar di Sam Poo Kong

Konser Rapsodia dibawakan oleh kelompok musik World Peace Orchestra

Liputan6.com, Jakarta Kelompok Musik World Peace Orchestra bakal menggelar konser bertajuk  Rapsodia Nusantara, pada Sabtu 13 Agustus 2022 malam, di Klenteng Agung Sam Poo Kong, Semarang Jawa Tengah. 

Konser yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Bank Jateng ini dihelat dalam rangka peringatan dan merayakan Hari Kemerdekaan RI ke 77 sekaligus hari jadi Provinsi Jawa Tengah ke 72.

Konduktor sekaligus penata musik dan pendiri World Peace Orchestra, Dwiki Dharmawan mengatakan konser ini didedikasikan untuk merayakan dan mengangkat keragaman dan keindahan. 

"Dengan mengangkat keberagaman lagu-lagu Nusantara, lagu nasional, lagu popular dan karya musik baru dengan balutan musik orkestra audiens dapat menikmati nada dan ritmis yang berbeda-beda tapi bersatu dalam harmonisasi yang indah," ujar Dwiki Dharmawan dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendukung

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno menyatakan pihaknya mendukung konser ini lantaran kesamaan visi untuk peduli terhadap apresiasi seni dan budaya. 

"Konser ini diharapkan bisa menginspirasi dan membangkitkan semangat masyarakat, melalui musik semakin menggugah semangat dan mempersatukan bangsa serta mendukung kebangkitan karya seni dan industri kreatif di Indonesia," ujar Supriyatno.

 

3 dari 4 halaman

Orkestra

Pagelaran musik yang disajikan dalam format orkestra ini menampilkan kolaborasi komposer terkemuka Dwiki Dharmawan bersama World Peace Orchestra dengan sederet seniman inspiratif: Andy Rif, Dira Sugandi, Gabriel Harvianto, Filda.C.Wibowo dan Nano Tirto. 

Selain itu, akan tampil juga musisi/artis Jawa Tengah Sruti Respati, NDX AKA, kelompok musik Kolintang Gratia dan Gamelan Soepra bersanding dengan para musisi kawakan di bawah arahan konduktor Dwiki Dharmawan, bisa jadi ini akan merupakan konser yang penuh kejutan.

 

4 dari 4 halaman

Gubernur Jateng

Konser ini akan dihadiri secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Melalui konser ini, Bank Jateng dan Pemprov Jawa Tengah memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat sekaligus mendukung karya seni dan industri kreatif di Indonesia agar terus bangkit.

Rapsodia Nusantara merupakan wujud syukur dan merayakan keberagaman dan persatuan bangsa Indonesia yang sedang bangkit pasca ujian berat pandemi panjang yang telah melanda dunia. World Peace Orchestra bersama para artis pendukung dengan konduktor Dwiki Dharmawan yang terdiri 45 orang musisi orkestra, ditambah 30 penabuh Gamelan Soepra serta 11 orang pemain Kolintang Gratia akan membawakan karya musik baru, lagu-lagu popular, lagu nasional dan lagu nusantara dalam balutan musik orkestra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.