Sukses

Pemakaman Pangeran Philip Tak Ikuti Tradisi, Keluarga Kerajaan Tak Pakai Seragam Militer

Pemakaman Pangeran Philip hanya akan dihadiri oleh 30 pelayat.

Liputan6.com, London - Sedikit demi sedikit, detail mengenai pemakaman Pangeran Philip mulai terkuak. Seperti diketahui, suami Ratu Elizabeth II ini akan dimakamkan pada 17 April besok.

Diwartakan People, Jumat (16/4/2021), salah satu detail yang diungkap dari prosesi ini adalah para anggota Kerajaan Inggris tidak akan memakai seragam militer tradisional.

Sesuai tradisi, anggota keluarga yang memiliki pangkat militer seperti Pangeran Charles, Pangeran William, Putri Anne, dan Pangeran Edward, mengenakan seragam ini dalam acara kenegaraan.

Sebagai gantinya, dalam pemakaman ini mereka akan mengenakan busana berkabung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terkait Pangeran Harry

"Pihak yang hadir akan mengenakan masker dalam Prosesi ini. Anggota Keluarga Kerajaan akan mengenakan Jas Pagi dengan medal atau Gaun. Para anggota Keluarga Kerajaan tidak akan mengenakan seragam militer," begitu pernyataan pihak Istana.

BBC mencatat, ini adalah keputusan yang baik untuk Pangeran Harry maupun Andrew. Pasalnya, keduanya telah mundur dari jabatannya di kemiliteran. Pangeran Harry misalnya, kehilangan tiga pangkat kehormatan setelah mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris. 

3 dari 5 halaman

Penentuan Keluarga yang Bisa Hadir

Seperti diketahui, pemakaman Pangeran Philip hanya akan dihadiri oleh 30 pelayat, di luar petugas pemakaman dan Uskup Agung. Ratu Elizabeth II dikabarkan mengalami kesulitan saat memilih anggota keluarga yang bisa menghadiri acara ini.

"Kami berhadapan dengan pemakaman keluarga, dan pada intinya ini adalah sebuah acara keluarga," tutur juru bicara Istana. Ia juga tak menjelaskan apakah para tamu yang hadir ini ada yang diminta hadir oleh mendiang Pangeran Philip.

4 dari 5 halaman

Dari Jerman

Dalam prosesi ini, keempat anak-anak Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II akan hadir, bersama pasangan mereka. Delapan cucu mendiang juga akan hadir, dan sebagian membawa pasangan.

Tiga saudara Pangeran Philip dari Jerman juga akan hadir, yakni Pangeran Bernhard, Pangeran Donatus, dan Pangeran Philipp dari Hohenlohe-Langenburg.

5 dari 5 halaman

Mengheningkan Cipta

Dilansir dari BBC, dalam upacara pemakaman nanti peti mati Pangeran Philip akan dibawa dengan mobil Land Rover Defender TD5 130 yang telah dikustomisasi menuju St George's Chapel, di area Kastil Windsor. 

Pukul 15:00 waktu setempat, akan diadakan mengheningkan cipta secara nasional, untuk mengenang Pangeran Philip.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.