Sukses

Koleksi Mobil Langka Nan Mewah Milik Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II

Sebagai seorang bangsawan, memiliki kendaraan mewah tentu menjadi suatu hal yang lumrah. Ini juga berlaku bagi mendiang Pangeran Philip.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang bangsawan, memiliki kendaraan mewah tentu menjadi suatu hal yang lumrah. Ini juga berlaku bagi mendiang Pangeran Philip yang meninggal dunia pada Jumat 9 April 2021 pada usia 99 tahun.

Semasa hidupnya, suami Ratu Inggris Elizabeth II itu diketahui mengoleksi sejumlah mobil. Dilansir GQ Magazine, mobil yang dimiliki saat itu berstatus mewah dan langka.

Lagonda 3-litre Drophead Coupe lansiran 1954 merupakan mobil kerajaan pertama dari pria berjuluk Duke of Edinburgh tersebut.

Dibalut dengan cat Edinburg Green, mobil tersebut sempat digunakan oleh Pangeran Philip bersama Ratu Elizabeth II untuk meresmikan M1 yang merupakan jalan raya pertama di Inggris pada 1959. Pada 2016 mobil tersebut dijual dan laku dengan harga 350 ribu Poundsterling atau setara Rp 7 miliar.

Mobil kedua adalah Alvis TD21 Series II Drophead Coupe produksi 1961. Mobil ini menarik perhatian Pangeran Philip saat dirinya berkunjung ke London Motor Show.

Disebutkan, Alvis TD21 Series II Drophead Coupe dibekali mesin enam silinder segaris berdaya 115 Tk. Namun Pangeran Philip mesti membayar lebih karena sistem transmisinya di-upgrade menggunakan ZF lima percepatan.

Menariknya, koleksi mobil sang isteri Ratu Elizabeth II juga tak kalah memesona. Ia diketahui memiliki Rolls-Royce Phantom IV State Landaulet 1955. Dari sekian banyak Rolls-Royce Phantom IV dan V yang dimiliki keluarga kerajaan, boleh dibilang Her Majesty's 1955 State Landaulet lah yang paling spesial.

Mobil dengan mesin 5.7 liter delapan silinder segaris itu hanya diproduksi 18 unit oleh Rolls-Royce. Mobil tersebut tetap beroperasi selama 43 tahun sebelum dikembalikan kepada Rolls-Royce pada 2002.

Mobil berikutnya adalah Vauxhall Cresta PA Friary Estate 1961. Konon mobil ini merupakan favorit dari Ratu Elizabeth II.

Disebutkan, mobil dengan baluran cat Imperial Green tersebut hingga hari ini masih berada di garasi kerajaan di Sandringham.

Mobil lainnya ialah Bentley State Limousine produksi 2002. Mobil ini merupakan hadiah dari pabrikan otomotif yang berbasis di Crewe itu untuk Ratu Elizabeth II pada 2002 dalam rangka memperingati 50 tahun kenaikan takhta.

Mobil ini dibekali mesin V8 6,75 liter yang sanggup menyemburkan daya hingga 400 Tk. Beberapa bagian mobil ini dimodifikasi untuk menyesuaikan kenyamanan sang Ratu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.